ADVERTISEMENT

Tim Siber dan Labfor Polri Penuhi Panggilan Komnas HAM

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 27 Jul 2022 14:00 WIB
Tim Siber dan Labfor Polri Penuhi Panggilan Komnas HAM (Anggi/detikcom)
Tim Siber dan Labfor Polri Penuhi Panggilan Komnas HAM (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Tim siber dan tim forensik digital dari Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri mendatangi Komnas HAM siang ini. Mereka datang untuk dimintai keterangan terkait CCTV dan ponsel Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (27/7/2022), tim siber dan Labfor Mabes Polri tiba di kantor Komnas HAM sejak pukul 12.43 WIB. Mereka datang secara terpisah.

Pukul 12.55 WIB, Plh Karopaminal Brigjen Anggoro Sukartono tiba di lokasi. Tak lama kemudian, Kepala Divisi TIK Polri Irjen Slamet Uliandi pun tiba di Komnas HAM.

Ketika ditanya terkait pemeriksaan hari ini, keduanya enggan menjawab. Begitu tiba di lokasi, keduanya langsung masuk ke kantor Komnas HAM.

Sebelumnya, Komnas HAM akan meminta keterangan tim Siber Mabes Polri dan forensik digital terkait insiden baku tembak yang menewaskan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo hari ini. Isi HP Brigadir J hingga Irjen Ferdy Sambo serta rekaman CCTV diminta ditunjukkan kepada Komnas HAM.

"Semua yang terkait digital forensik dan siber kami minta untuk dibuka kepada kami, kalau video tunjukkan pada kami, kalau berupa benda HP, misalnya tunjukkan pada kami, isinya apa," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan di kantor Komnas HAM, Rabu (27/7/2022).

"Ini semua HP yang terkait peristiwa ini pasti kami akan tanya, contohnya misalnya HP-nya J, itu kami akan tanya di mana posisinya, apa isinya gitu, termasuk misalnya HP-nya Irjen Sambo itu kami juga akan tanya di mana dan apa isinya dalam konstruksi peristiwa ini, kayak begitu salah satu contohnya," lanjutnya.

(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT