Makin Intens, Gerindra-PKB Kembali Bertemu Bahas Piagam Deklarasi Koalisi

ADVERTISEMENT

Makin Intens, Gerindra-PKB Kembali Bertemu Bahas Piagam Deklarasi Koalisi

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 26 Jul 2022 17:06 WIB
Syaiful Huda kembali pimpin PKB Jabar
Wasekjen PKB Syaiful Huda (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

PKB menginformasikan pertemuan lanjutan dengan Partai Gerindra semalam. Kedua partai membicarakan visi-misi hingga latar belakang alasan kerja sama di Pemilu 2024.

Dari informasi yang dihimpun, pertemuan tersebut digelar di salah satu tempat di kawasan Jakarta Selatan. Dari pihak Gerindra, hadir Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo. Sedangkan dari PKB, hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto, dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda.

"Alhamdulillah, kami kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang memuat visi, misi, dan latar belakang kenapa kami harus bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024," kata Wasekjen DPP PKB Syaiful Huda kepada wartawan, Selasa (26/7/2022).

Huda menilai pertemuan untuk membahas visi-misi hingga latar belakang ini penting sebagai bukti konkret koalisi. Selain itu, menurutnya, ini dilakukan agar koalisi yang terbentuk bisa memberi manfaat bagi Indonesia.

"Ini penting karena kami tidak ingin kerja sama kami ini hanya sekadar pragmatism politik, tetapi lebih dari itu, kami ingin koalisi kami benar-benar untuk memberi opsi kemanfaatan lebih besar bagi Indonesia," kata Ketua Komisi X DPR itu.

Lebih lanjut, Huda mengatakan Piagam Deklarasi ini penting karena menjadi fondasi kerja sama bagi Gerindra dan PKB. Dalam Piagam Deklarasi tersebut, juga akan disinggung langkah-langkah kerja sama politik yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

"Piagam Deklarasi ini seperti konstitusi yang menjadi landasan kerja sama para pihak yang nantinya akan diterjemahkan dalam kesepakatan lebih detail di kemudian hari," ucapnya.

Meski begitu, Huda belum bersedia membocorkan kapan waktu peresmian deklarasi kedua partai tersebut. Dia hanya menyebut jika peresmian deklarasi tersebut tidak akan lewat dari Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022.

"Kita belum bisa sampaikan waktu tepatnya, tetapi Insyaallah tidak akan jauh dari perayaan HUT kemerdekaan kita," ujar dia.

(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT