ADVERTISEMENT

Prabowo Kembali Didaulat Jadi Presiden Federasi Pencak Silat Dunia

Gibran Maulana - detikNews
Selasa, 26 Jul 2022 14:56 WIB
Prabowo terpilih kembali menjadi Presiden Federasi Pencak Silat Dunia. (dok. Tim Media Prabowo Subianto).
Prabowo terpilih kembali menjadi Presiden Federasi Pencak Silat Dunia. (Foto: dok. Tim Media Prabowo Subianto)
Jakarta -

Kongres International Pencak Silat Federation atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat) 2022 kembali mendaulat Prabowo Subianto menjadi Presiden Federasi Pencak Silat Dunia. Prabowo masih dianggap berpengaruh di dunia internasional persilatan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (26/7/2022), terpilihnya Prabowo diputuskan negara-negara pendiri Persilat, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, serta disaksikan oleh presiden federasi pencak silat nasional dari berbagai negara. Acara ini diselenggarakan di Melaka, Malaysia.

"Saya umumkan Bapak Prabowo menjadi presiden Persilat untuk empat tahun ke depan untuk memimpin Persilat. Insyaallah pencak silat semakin diterima di dunia secara luas," kata Datuk Wira Megat Zulkarnain, Presiden Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (Pesaka), selaku tuan rumah.

Prabowo, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih atas kesediaan Persilat kembali memilihnya untuk melanjutkan tugas sebagai Presiden Persilat. Prabowo menyampaikan komitmen membawa pencak silat mendapat dukungan dari banyak negara.

"Anggota mengatakan saya belum selesaikan misi. Sebagai mantan prajurit saya harus selesaikan misi saya. Secara pribadi, saya juga belum puas dengan apa yang sudah saya capai meski memang mendapatkan dukungan untuk pencak silat ini cukup menantang," ujar Prabowo.

"Saya berkomitmen untuk melanjutkan tugas dan melakukan yang saya mampu untuk menyelesaikan misi ini sebaik mungkin agar pencak silat mendapatkan dukungan di makin banyak negara," kata Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Datuk Wira Megat juga membacakan dukungan dari berbagai negara yang menyatakan keinginan Persilat kembali dipimpin Prabowo. Prabowo dianggap mampu dan memiliki pengaruh di dunia internasional untuk membawa pencak silat berlaga di Olimpiade.

Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya gerakan pencak silat di berbagai negara di dunia. Di bawah kepemimpinan Prabowo, tercatat sudah terbentuk 85 federasi-federasi pencak silat yang mewakili negara masing-masing, atau telah bertambah 29 negara dalam tujuh tahun terakhir.

Seluruh presiden federasi nasional yang hadir juga menyatakan mendukung penuh kepemimpinan Prabowo. Negara tersebut ingin pencak silat berlaga di Olimpiade dan ingin dukungan terhadap pencak silat semakin bertambah karena karena dunia kagum dengan seni bela diri warisan nenek moyang bangsa Indonesia ini.

"Kami mendukung Pak Prabowo untuk dipilih kembali sebagai Presiden Persilat. Kami percaya Pak Prabowo bisa membuat pencak silat semakin mendunia dan membawa visi misi pencak silat yang inklusif," kata Datuk Wira Megat membacakan aspirasi berbagai federasi.

(gbr/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT