ADVERTISEMENT

Haute Couture Adalah Apa? Disebut RK Saat Beri Nasihat ke Baim Wong

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 15:24 WIB
Haute Couture Adalah Apa? Disebut Ridwan Kamil ke Baim Wong
Haute Couture Adalah Apa? Disebut Ridwan Kamil ke Baim Wong | Foto: Hanafi/detikcom
Jakarta -

Haute Couture adalah apa artinya? Istilah haute couture ini sempat disebut oleh Ridwan Kamil dalam postingan Instagram yang berisi pesan untuk Baim Wong terkait HAKI Citayam Fashion Week.

Haute Couture adalah istilah dalam dunia fashion yang cukup asing didengar bagi masyarakat yang kurang tahu betul istilah-istilah dalam dunia fashion.

Lantas, apa itu Haute Couture? Simak penjelasan tentang haute couture adalah apa berikut ini.

Apa Itu Haute Couture? Arti Istilah Haute Couture

Haute couture adalah istilah dalam dunia fashion. Dalam dunia fashion, haute couture adalah supremasi fashion yakni level rancangan paling tinggi.

Dilansir dari CNN, haute couture adalah sebuah istilah atau terminologi yang diatur dengan ketat dan dilindungi hukum-hukum di yurisdiksi negara Prancis. Hal itu berarti pemakaian label haute couture hanya ditujukan kepada rumah-rumah mode yang mendapat izin dari Kementerian Industri Prancis.

Hanya yang memenuhi standar tinggi, pembuatan pakaian dengan bahan dan teknik terbaik, yang dieksekusi oleh para artisan terlatih saja yang dapat label haute couture. Lokasi pembuatan rancangan haute couture hanya ada di Paris.

Pesan Ridwan Kamil ke Baim Wong Soal HAKI CFW

Penjelasan haute couture adalah apa sudah diketahui melalui penjelasan di atas, selanjutnya perlu diketahui pula awal mula pembahasan haute couture ini muncul yakni dari pesan Ridwan Kamil ke Baim Wong soal HAKI Citayam Fashion Week (CFW).

Menanggapi soal pendaftaran merek Citayam Fashion Week (CFW) oleh perusahaan Baim Wong, Ridwan Kamil turut menyampaikan nasihatnya melalui akun Instagramnya, @ridwankamil, Senin (25/7/2022). Menurutnya Citayam Fashion Week adalah gerakan organik dari masyarakat akar rumput.

Adapun pesan nasihat Ridwan Kamil itu sebagai berikut:

Dear Baim Wong dkk,

Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula.

Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda.

Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional.

Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture.

Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur.

Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.

Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini.

Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya.

Hatur Nuhun.

Penjelasan Baim Wong Soal Daftarkan Merek Citayam Fashion Week

Seperti diketahui, perusahaan milik Baim Wong telah mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Permohonan itu diterima PSDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022 dan teregistrasi dengan nomor JID2022052181.

Berikut penjelasan alasan Baim Wong soal daftarkan merek CFW ke Kemenkumham:

"Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal, dan nggak musiman. Dan yang paling penting bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," kata Baim Wong melalui Instagram pribadinya, Senin (25/7/2022).

Baim mengatakan keinginannya mendaftarkan merek CFW itu karena istrinya, Paula Verhoeven mengerti dunia fashion. Sehingga dia tergerak ingin menjadikan Citayam Fashion Week dikenal.

"Kenapa saya tergerak? Berawal semua ini karena istri saya. Karena dia mengerti dunia fashion, dan dia melihat Citayam Fashion Week ini adalah gerakan dimana orang-orang yang sudah mempedulikan fashion. Dan ternyata di Indonesia, fashion itu nggak harus mahal, dan mereka bangga memakainya. Kebanggan itu adalah achivement yang penting dan itu harus dibudayakan," ujarnya.

Demikian, penjelasan tentang haute couture adalah apa hingga berita tentang pesan Ridwan Kamil ke Baim Wong soal pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT