ADVERTISEMENT

Pemkab Serang Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Menteri PPPA

Rhazes Putra - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 14:40 WIB
Pemkab Serang
Foto: Pemkab Serang
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA) Republik Indonesia. Untuk tahun 2022, penghargaan naik tingkat dari sebelumnya tahun 2021 kategori Pratama menjadi Madya.

"Penghargaan ini adalah simbolis bagi kita semua, untuk terus memberikan rasa nyaman, aman, dan bahagia untuk seluruh anak," ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Tatu menyampaikan terima kasih kepada Kemen-PPPA atas penghargaan yang diberikan. "Terima kasih kepada semua yang terlibat dan bersinergi dalam menciptakan Kabupaten Serang sebagai daerah layak anak," ungkapnya.

Penyerahan penghargaan dilakukan Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (22/7) malam, yang diikuti secara virtual oleh kabupaten dan kota peraih peringkat tingkat Pratama dan Madya.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang, Tarkul Wasyit mengatakan kenaikan peringkat KLA sesuai hasil penilaian verifikasi lapangan oleh Kemen-PPPA.

"Hal ini adalah salah satu bukti bahwa gugus tugas KLA Kabupaten Serang sudah bekerja sama secara maksimal dan bersinergi," ujarnya.

Pemkab SerangFoto: Pemkab Serang

Tarkul mengatakan, sesuai mandat undang-undang, setiap daerah harus melaksanakan pengembangan KLA. Kemudian beberapa aspek yang sudah dilakukan Kabupaten Serang mulai dari kelembagaan sampai dukungan kebijakan dan anggaran. Secara regulasi, sudah ada regulasi dari mulai Peraturan Bupati (Perbup) hingga membuat Peraturan Daerah (Perda) terkait KLA di 2022 ini.

"Berdasarkan penilaian lapangan bahwa semua gugus tugas sudah bekerja bersama-sama, sehingga tim dari pusat menilai banyak perubahan yang sangat signifikan terkait penyelenggaraan KLA di Kabupaten Serang," terangnya.

Menurutnya, penghargaan KLA Madya tidak lepas dari dukungan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, organisasi perangkat daerah, dan sejumlah pihak yang terlibat.

"Alhamdulillah sesuai harapan Kabupaten Serang naik peringkat dari pratama menjadi madya. Tidak terlepas juga sinergi media massa, dunia usaha dan lainnya," ungkap Tarkul.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT