ADVERTISEMENT

Tari Ringkang Jawari hingga UMKM Kabupaten Serang Mejeng di AOE 2022

Hanifa Widyas - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 11:15 WIB
Tari Ringkang Jawari hingga Produk UMKM Serang Mejeng di AOE 2022
Foto: Dok. Pemkab Serang
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mendapat panggung khusus dalam gelaran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Pameran tersebut digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan telah berlangsung sejak Rabu (20/7) hingga Jumat (22/7).

Adapun sejumlah panggung yang diberikan yakni panggung untuk para penari asal Kabupaten Serang yang menampilkan tarian Ringkang Jawari saat pembukaan AOE. Diketahui, tarian tersebut digagas langsung oleh Bupati Serang Tatu Chasanah. Pada kesempatan itu, hadir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, para bupati, para perwakilan duta besar negara sahabat, serta para undangan.

"Alhamdulillah kita punya kebanggaan, panitia dari Apkasi memberikan kesempatan kepada kita, untuk menampilkan tarian khas Kabupaten Serang. Pameran ini tidak hanya skala nasional, tetapi juga internasional," ujar Tatu dalam keterangan tertulis, Kamis (21/7/2022).

Dalam pameran itu, sejumlah produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan hasil bumi juga dipamerkan, di antaranya gerabah dari Desa Bumijaya, batik khas Kabupaten Serang, bunga sedap malam, kopi, hingga sejumlah potensi investasi yang ditawarkan. Bukan hanya itu, stand Kabupaten Serang juga berada di pintu masuk AOE 2022.

"Pemeran ini harus kita manfaatkan optimal untuk menawarkan sejumlah produk UMKM, serta sejumlah potensi Kabupaten Serang kepada pengunjung atau investor. Saya sudah minta organisasi perangkat daerah untuk maksimal memanfaatkan ini untuk kemajuan Kabupaten Serang," ujar Tatu.

Di samping pameran, ada pula forum bisnis bagi seluruh kabupaten di Indonesia dengan mengundang para investor atau pengusaha di AOE 2022. Keberadaannya, lanjut Tatu, diharapkan mampu mendorong investasi ke daerah menjadi lebih baik lagi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan gelaran ini bisa mengenalkan produk-produk asli Kabupaten kepada khalayak sehingga penjualan akan semakin meningkat.

"Dengan adanya pameran AOE 2022 dengan tema Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global ini, diharapkan akan terus terjadi peningkatan transaksi perdagangan di berbagai komoditi unggulan yang dimiliki daerah kabupaten dan juga semakin kuat arus investasi yang mengalir ke kabupaten di berbagai sektor," ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan dibuka secara resmi pada Rabu (20/7) lalu oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dalam sambutannya, Tito menyampaikan dukungan penuh kegiatan AEO yang digagas Apkasi ini.

"Kegiatan seperti ini mesti sering dilakukan guna menjaring investor dalam maupun luar negeri ke daerah-daerah," jelasnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengajak seluruh pemerintah kabupaten untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerahnya masing-masing.

"UMKM merupakan sektor riil yang sudah teruji ketahanannya terutama dalam masa pandemi," tandasnya.

Dalam acara pembukaan AOE 2022, turut hadir Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, sejumlah Duta Besar dan perwakilan negara sahabat, di antaranya Nigeria, Turki, Rusia, Iran, dan Chile.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT