Dishub Bakal Angkut Kendaraan Bandel Parkir Liar di Citayam Fashion Week

ADVERTISEMENT

Dishub Bakal Angkut Kendaraan Bandel Parkir Liar di Citayam Fashion Week

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 24 Jul 2022 11:23 WIB
Banyak parkir liar, lalin di kawasan dukuh atas macet
Banyak parkir liar, lalin di kawasan dukuh atas macet. (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Wildan Anwar memberikan atensi terhadap maraknya parkir liar di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, seusai heboh 'Citayam Fashion Week'. Wildan mengatakan pihaknya bakal menertibkan kendaraan yang 'bandel' sesuai dengan prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) berlaku.

"Kalau bandel kan ada SOP, ada Peraturan Kepala Dinas (Perkadis) jika 15 menit yang sudah ditegur dan yang bersangkutan tidak mengindahkan teguran kita, sah untuk diangkut motornya atau diderek mobilnya," kata Wildan saat dihubungi, Minggu (24/7/2022).

Meski begitu, pihaknya tetap mengutamakan tindakan persuasif kepada pengunjung kawasan Dukuh Atas. Tindakan tegas baru dilakukan jika pengunjung tidak mengindahkan teguran petugas untuk memindahkan kendaraannya ke lokasi lain.

"Jadi istilahnya persuasif dululah. Karena kalau kita selalu tegas, memang bisa sih sesuai perda namun kita kedepankan persuasif," ujarnya.

"(Misal) sudah 15 menit nih tak tungguin orangnya, tapi dia cuek. Ya sudah yang bersangkutan sudah setuju diangkut mobil atau motornya. 15 menit SOP-nya," sambungnya.

Wildan memandang permasalahan parkir liar di Dukuh Atas berbeda dengan kawasan Tanah Abang yang sudah menahun. Dengan demikian, pihaknya tetap memilih menjalankan langkah-langkah humanis terlebih dahulu.

Di samping itu, pihaknya bakal menempatkan petugas di sejumlah titik serta mengurai kerumunan massa. "Misal Tanah Abang pasar puluhan tahun nggak bisa dihilangin, itu pakai tindakan tegas. Begitu datang kempesin karena sudah puluhan tahun kronis. Tapi kalau tempat-tempat baru, kita humanis. Yang penting tempat bersih, kalau ada kerumunan, 'Mas, Mbak, Kakak, Adik, bubar ya', kalau 10-15 menit belum bubar, kita kempesin," katanya.

Sebelumnya, kawasan Dukuh Atas makin ramai dikunjungi remaja. Kebanyakan mereka yang datang merupakan ABG dari luar Jakarta.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (23/7), pukul 21.23 WIB, banyaknya kendaraan yang parkir secara liar di jalur khusus sepeda. Selain itu, parkir liar berada di sisi jalan raya.

Akibat parkir liar tersebut, lalu lintas di Jl Jenderal Sudirman, Jakpus, mengalami kemacetan. Sejumlah petugas pun tampak mengatur kendaraan-kendaraan tersebut.

Pengendara Keluhkan Kemacetan 'Citayam Fashion Week'

Seorang pengendara Maulana (26) mengaku terganggu dengan adanya fashion show di zebra cross. Dia menyebut kendaraan menjadi sulit untuk lewat.

"Tadi saya nyampe ke sini udah rame, tadi saya misi-misi nggak dikasih jalan, kalau gini terus ya kasihan pengguna jalan lain," kata Maulana di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7).

Maulana mengatakan 'Citayam Fashion Week' tersebut memang merupakan kreativitas yang bagus. Namun, menurutnya, harus dilakukan di tempat yang tepat.

Simak Video: Irma Darmawangsa dan Elly Sugigi Beri Pesan Ke Anak Tongkrongan Sudirman

[Gambas:Video 20detik]




(taa/fca)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT