ADVERTISEMENT

Polisi: Laporan Roy Suryo ke 3 Akun Medsos Tak Penuhi Unsur Pidana

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 16:29 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan (Karin/detikcom)
Jakarta -

Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus postingan meme stupa Candi Borobudur. Roy Suryo juga diketahui melaporkan tiga akun media sosial yang disebutnya adalah penyebar pertama meme stupa Candi Borobudur. Lalu bagaimana progres laporan Roy Suryo itu?

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, dari hasil gelar perkara, hanya satu laporan yang memenuhi unsur pidana, yakni laporan di mana Roy Suryo adalah terlapornya.

"Yang memenuhi unsur pidana hanya Roy sebagai terlapor," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Sementara itu, laporan Roy Suryo terhadap tiga akun media sosial dinyatakan tidak memenuhi unsur pidana.

"Laporannya tidak memenuhi unsur pidana," jelas Zulpan saat ditanya terkait laporan Roy Suryo terhadap tiga akun media sosial.

Seperti diketahui, Roy Suryo sebelumnya melaporkan tiga akun media sosial yang menurutnya adalah penyebar pertama meme stupa Candi Borobudur. Roy Suryo buru-buru melaporkan ketiga akun tersebut setelah unggahan ulang postingan yang sama di akunnya @KMTRoySuryo2 menuai kritik.

Roy Suryo telah meminta maaf dan kemudian menghapus postingannya. Roy Suryo beralasan ikut memposting ulang meme stupa Candi Borobudur adalah sebagai bentuk kritik atas kenaikan tarif ke Candi Borobudur dan tak ada niat melecehkan umat Buddha.

Simak video 'Roy Suryo Jadi Tersangka, Dijerat Pasal Penistaan Agama dan Hate Speech':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: Roy Suryo dijerat pasal penistaan agama dan hate speech.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT