'Iron Man' Penyelamat Korban Kecelakaan Cibubur Muncul, Ini Sosoknya

ADVERTISEMENT

'Iron Man' Penyelamat Korban Kecelakaan Cibubur Muncul, Ini Sosoknya

Wildan Noviansyah - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 18:33 WIB
Iron Man penyelamat korban kecelakaan maut truk Pertamina Cibubur (Wildan Noviansyah)
Iron Man penyelamat korban kecelakaan maut truk Pertamina Cibubur (Wildan Noviansyah/detikcom)
Jakarta -

Pria bernama Firas Firdaus (28) sempat ditolong oleh pria yang biasa bekerja sebagai badut Iron Man setelah terseret oleh truk Pertamina yang mengalami kecelakaan maut di Jalan Transyogi, Cibubur, Kota Bekasi. Usut punya usut, sosok Iron Man tersebut bernama Kurwanto (21).

Kurwanto merupakan seorang pria asal Sumber, Cirebon. Kini dia tinggal di sebuah rumah kontrakan yang berlokasi di Jalan Cempaka, Jatisampurna, Kota Bekasi.

Kurwanto mengatakan sudah menjalani pekerjaan sebagai pengaman di lampu merah Jalan Transyogi selama 6 bulan.

"Iya ngamen. Enam bulan (lama mengamen di Jalan Transyogi Cibubur)," kata Kurwanto saat ditemui di lokasi, Rabu (20/7/2022).

Sebelumnya, Kurwanto bekerja sebagai tukang las di kampung halamannya yang berlokasi di Sumber, Cirebon.

Kurwanto mengatakan baju Iron Man yang dia gunakan sehari-hari untuk mengamen dia beli dari saudaranya dengan harga Rp 1,5 juta. Dalam satu hari, dia biasa memperoleh keuntungan Rp 200-800 ribu.

Iron Man penyelamat korban kecelakaan maut truk Pertamina Cibubur (Wildan Noviansyah)Iron Man penyelamat korban kecelakaan maut truk Pertamina Cibubur (Wildan Noviansyah/detikcom)

Kurwanto lalu menuturkan peristiwa kecelakaan maut truk Pertamina menabrak sejumlah kendaraan pada Senin (18/7/2022). Saat kejadian, dia sedang mengamen di lokasi. Kurwanto menyaksikan bagaimana detik-detik peristiwa ngeri itu terjadi.

"Langsung lari saya ke sini, lari nolongin yang selamat yang kaki kejepit pake motor. Soalnya nggak ada yang nolongin, pada sibuk rekamin. Ya Allah. Saya kira korban cuma satu, pas saya lihat ke belakang astagfirullah," ucapnya mengingat kejadian itu.

Saat kejadian, Kurwanto memilih menolong korban karena tak tega melihat korban yang terjepit. Sementara orang di TKP hanya sibuk merekam kejadian tersebut.

"Namanya juga manusia, siapa sih yang lihat saudara kita sengsara terus ditontonin doang, nggak tega, langsung aja saya angkat. Dalam hati saya, ya Allah kenapa sih Indonesia gini banget, ada orang kecelakaan ngambilnya HP, bukannya langsung nolongin," ujarnya.

Kesaksian Korban Kecelakaan Cibubur yang Ditolong 'Iron Man'

Korban yang ditolong Kurwanto adalah Firas Firdaus (28). Firas sempat terseret hampir 100 meter oleh truk Pertamina. Setelah terseret, posisi dia tertindih motor yang terjepit bemper depan truk tangki Pertamina. Tak bisa bangun karena kaki kanan terjepit motor, ia pun akhirnya berteriak meminta tolong.

Setelah berteriak minta tolong, Firas didatangi seorang pria. Menurutnya, pria itu langsung meminta pertolongan warga lain untuk membantu menarik tubuh Firas yang terjepit.

"Jadi sebetulnya agak lama, satu menit nggak ada yang berani nolongin. Tiba-tiba yang suka (jadi) badut Iron Man itu, tapi dia lagi nggak pake kostumnya. Dia teriak 'tolong bapak-bapak ini masih bisa kok, kakinya nggak berdarah', mungkin yang lainnya takut saya udah pendarahan, ini kan saya belum lecet berdarah. Saya teriak karena saya masih bisa ini... kalau kelamaan kan saya bisa patah tulang," ucap Firas kepada detikcom, Selasa (19/7/2022).

Kemudian, Firas dievakuasi ke pos satpam dekat lokasi kecelakaan. Ia juga ditenangkan oleh sosok pria yang bekerja sebagai badut di lampu merah dekat lokasi kecelakaan tersebut.

"Setelah saya nenangin diri, minum, saya tanya, 'Mas itu siapa?'; 'Saya yang biasa ini suka badut-badut Iron Man', makanya istri saya cerita Aa Iron Man. Jadi dia yang gerakin warga di situ, 'ayo tolongin bapak ini'. Si Mas Iron Man itu nenangin saya, 'Mas minum dulu', dikasih Betadine dulu," imbuhnya.

Kesaksian soal aksi si 'Iron Man' juga diperkuat cerita warga di lokasi kecelakaan maut Cibubur. Cerita lengkapnya ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT