ADVERTISEMENT

Pemerintah Siapkan Pelatihan Keuangan-Konstruksi bagi Warga Lokal di IKN

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 16:43 WIB
Bambang Susantono
Bambang Susantono (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan pelatihan bagi warga yang sudah bermukim di sekitar kawasan IKN Nusantara. Mereka bakal mendapatkan pelatihan konstruksi dan non-konstruksi,.

"Bahwa kita pada saat ini juga mempersiapkan saudara-saudara kita yang penduduk yang lokal, yang berada di daerah sekitar IKN juga ada beberapa training ataupun istilahnya pelatihan-pelatihan," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam pernyataan pers setelah rapat bersama Presiden Jokowi seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/7/2022).

Bambang menjelaskan pelatihan itu bakal melibatkan sejumlah elemen masyarakat, dari LSM, akademisi, hingga BUMN. Dia menegaskan pelatihan bagi warga lokal merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan IKN.

"Jadi memberikan skill-skill yang insyaallah dibutuhkan oleh para saudara-saudara kita yang sekarang ini sudah bermukim di kawasan IKN. Sehingga nantinya mereka akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN itu sendiri," ujar Bambang.

Bambang lantas menjelaskan beberapa contoh dari pelatihan yang bakal dilakukan. Menurut Bambang, pelatihan itu bertujuan agar warga di sekitar IKN terlibat aktif dalam pembangunan.

"Pelatihan-pelatihan itu banyak sekali. Ada pelatihan untuk membuat kue misalnya, ada pelatihan menjahit, ada pelatihan bagaimana nanti mengelola keuangan dan juga tentu pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan konstruksi," imbuh Bambang.

"Jadi ada konstruksi dan nonkonstruksi dan konstruksi berhubungan dengan bagaimana keahlian orang-orang tertentu untuk melakukan kegiatan-kegiatan konstruksi. Kami bekerja sama dengan lembaga sertifikasi juga sehingga nanti mereka bisa direkrut oleh siapa pun yang membangun IKN dan kemudian yang non-konstruksi itu akan berhubungan dengan kegiatan sehari-hari," sambung Bambang.

Bambang berharap pelatihan itu segera terwujud. Selain itu, kata Bambang, target-target yang ditetapkan dapat terwujud pada 2024.

Simak juga 'Jokowi Minta Polri Kawal Pembangunan IKN hingga Pemilu 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT