Pimpinan MPR RI ke Maroko Bahas Pembentukan Forum MPR Dunia

ADVERTISEMENT

Pimpinan MPR RI ke Maroko Bahas Pembentukan Forum MPR Dunia

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 09:16 WIB
Pimpinan MPR RI ke Maroko Bahas Pembentukan Majelis Syuro Dunia
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Pimpinan MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) dan Fadel Muhammad bertemu dengan Ketua Majlis Al-Nuwwab (setingkat DPR di Kerajaan Maroko) Rachid Talbi El Alami serta Wakil Ketua Majlis Al-Mustasyarin (setingkat MPR di Kerajaan Maroko) Mohamed Hanine di Gedung Parlemen Maroko, Senin (18/7). Pertemuan ini membahas mengenai pembentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia.

Dalam kesempatan itu, HNW mengatakan pembentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia banyak mendapatkan sambutan positif dari negara-negara sahabat Indonesia. Bahkan, Mohamed Hanine menyatakan mendukung ide tersebut.

"Usulan pembentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia beserta tanggapan positif negara-negara sahabat Indonesia atas ide tersebut. Seperti dukungan dari Raja Arab Saudi dan Majelis Syura Arab Saudi, serta para pimpinan parlemen di Turki, Iran, dan sejumlah negara lainnya," ujarnya dalam keterangannya, Rabu (20/7/2022).

HNW menyebutkan ada beberapa faktor penting pembentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia seperti konsolidasi anggota maupun lembaga-lembaga MPR, atau sejenisnya yang belum terakomodasi dalam berbagai Organisasi Keparlemenan, seperti IPU dan PUIC.

Forum ini bertujuan agar bersama dengan lembaga-lembaga global dan regional yang sudah ada, menghadirkan rasa saling menguatkan. Selain itu agar MPR dan lembaga sejenis makin berkontribusi untuk peradaban dan perdamaian dunia, demokrasi, dan kemaslahatan lainnya.

Delegasi MPR RI yang dipimpin HNW juga menyampaikan bahwa terpilihnya Maroko sebagai ketua African Parliament Union (APU) sebagai badan yang membawahi lembaga-lembaga Majelis Syura maupun lembaga-lembaga sejenis di Afrika. Hal itu menurutnya dapat menjadi rujukan pembentukan Forum MPR se-Dunia yang dimulai dari seluruh parlemen negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Ide Majelis Syura atau Majelis Permusyawaratan se-Dunia sudah didukung sejak 2019 oleh Majelis Permusyawaratan Maroko dan Majelis Syura Saudi dan sudah diselenggarakan seminar nasional serta kajian terkait ide itu, tetapi realisasinya tertunda karena COVID-19. Insya Allah realisasinya akan dilaksanakan, Oktober 2022 di kota Bandung sebagai kota sejarah KTT Asia Afrika bersamaan presidensi Indonesia di G20," ungkapnya.

Menanggapi pemaparan delegasi MPR RI, Rachid Talbi El Alami maupun Mohamed Hanine menyambut sangat baik ide tersebut dan akan mendukungnya. Rachid Talbi El Alami berjanji akan mengangkat gagasan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia saat menerima Ketua Majelis Syura Arab Saudi pada pekan ini.

Di sisi lain, Mohamed Hanine juga turut menyampaikan dukungan terhadap gagasan tersebut. Mohamed Hanine akan mendalami proposal pembentukan Forum Majelis Syura atau Forum MPR se-Dunia tersebut untuk memberikan masukan dan pengayaan bila diperlukan.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT