ADVERTISEMENT

Wabup Blora Ungkap Bagian Penting Pesawat Golden Eagle Ditemukan

Manik Priyo Prabowo - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 16:51 WIB
Personel TNI mengecek tumpukan serpihan pesawat tempur latih T-50i Golden Eagle TT-5009 yang jatuh di pegunungan Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah, Selasa (19/7/2022). Personel gabungan yang terdiri TNI AU, TNI AD, relawan hingga warga menemukan sejumlah serpihan bagian pesawat yang berjarak kurang lebih 500 meter dari lokasi jatuhnya pesawat pada Senin (18/7/2022) yang mengakibatkan pilot pesawat Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi meninggal dunia. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.
Penemuan puing-puing pesawat latih TNI AU yang jatuh di Blora. (ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO)
Blora -

Operasi hari pertama pencarian puing-puing pesawat tempur T-50i Golden Eagle yang jatuh di Nginggil, Kradenan, Blora, telah membuahkan hasil signifikan. Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati bahkan mengatakan operasi mungkin akan diakhiri hari ini juga.

Tri Yuli menjelaskan jenazah pilot Lettu Pnb Allan Syafitra, yang menjadi korban gugur dalam kejadian tersebut, sudah ditemukan. Selain itu, sejumlah perangkat vital dari puing pesawat nahas tersebut telah ditemukan.

Operasi pencarian juga tidak hanya dilakukan di bukit tempat jatuhnya pesawat pada Senin (18/7) malam, namun tim gabungan juga telah memperluas lokasi penyisiran hingga ke bukit-bukit lain di sekitarnya.

"Penyusuran diperlebar dan dibantu warga Desa Nginggil dengan hasil penemuan puing pesawat dan mesin pesawat. Bahkan ditemukan bagian punggung pilot," jelas Tri Yuli Setyowati di lokasi kejadian, seperti dilansir dari detikJateng, Selasa (19/7/2022).

Tri Yuli juga menyebut dua perangkat penting bagian dari pesawat tempur tersebut juga telah ditemukan. Belum terkonfirmasi secara teknis mengenai nama dan fungsi alat tersebut. Namun kuat diduga adalah kotak FDR (flight data recorder) atau kemungkinan lain adalah transponder pesawat.

"Ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung dibawa ke Madiun bersama penemuan bagian tubuh jenazah pilot," ucap Tri Yuli.

Baca selengkapnya di sini

Simak Video 'Benda Oranye Diduga Black Box T-50i Golden Eagle Ditemukan!':

[Gambas:Video 20detik]




(idh/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT