ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Before-After Perbaikan Lift dan Eskalator Stasiun Cakung

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 13:32 WIB
Masalah lift-eskalator Stasiun Cakung mati: Tuntas. (Mindra Purnomo/Tim Infografis detikcom)
Masalah lift-eskalator Stasiun Cakung mati: Tuntas. (Mindra Purnomo/Tim Infografis detikcom)
Jakarta -

Matinya lift dan eskalator di Stasiun Cakung Jakarta Timur sempat membuat seorang ibu hamil kelelahan meniti tangga. Kabar itu viral sebulan lalu. Kini lift dan eskalator selesai diperbaiki. Berikut perbandingan kondisi 'before' dan 'after' perbaikan di lokasi.

detikcom Do Your Magic mengawal isu kerusakan lift dan eskalator di Stasiun Cakung selepas kabar ibu hamil kelelahan itu tersiar, 8 Juni lalu.

PT KAI Commuter meminta maaf atas rusaknya lift dan eskalator di Stasiun Cakung. detikcom mengecek ke lokasi kondisi tangga yang harus dilalui ibu hamil (juga lansia dan warga pada umumnya). Setidaknya ada 38 anak tangga yang lumayan curam untuk ukuran ibu hamil atau lansia di sini.

Sekuriti Stasun Cakung siap membantu pengunjung stasiun KRL ini bila membutuhkan bantuan dalam naik-turun lantai Stasiun Cakung.

Pada 9 Juni, VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan perbaikan lift dan eskalator di sini bakal seelsai pada bulan Juli. Perbaikan dilakukan pihak DJKA Kementerian Perhubungan dan KAI Commuter. Berdasarkan pantauan detikcom, perbaikan dilakukan oleh teknisi pada 13 Juli 2022.

Kondisi Stasiun Cakung, 24 Juni 2022. Lift mati, satu eskalator diperbaiki. (Mulia Budi/detikcom)Kondisi Stasiun Cakung, 24 Juni 2022. Lift mati, satu eskalator diperbaiki. (Mulia Budi/detikcom)

20 Juni, lift sempat selesai diperbaiki dan bisa dinaiki anker, sebutan populer untuk 'anak kereta'. Para anker menuju peron 1-2 menggunakna lift itu. Ibu hamil tak perlu naik tangga, karena lift sudh berfungsi. Namun pada 24 Juni, detikcom menemukan lift itu mati lagi. Perbaikan lift ini menunggu suku cadang atau spare part.

Akhirnya, 18 Juli, lift dan eskalator di sini selesai diperbaiki. Alat ini sudah dapat beroperasi mengantarkan pengunjung stasiun untuk hilir-mudik antarlantai.

Berikut adalah perbandingan kondisi before (sebelum) dan after (sesudah) perbakan lift-eskalator di Stasiun Cakung:

Simak juga 'Terjadi Lagi! Penumpang KRL Dilecehkan, Kali ini saat Tertidur':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT