Kian Panjang Daftar Buronan KPK

ADVERTISEMENT

Kian Panjang Daftar Buronan KPK

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 07:59 WIB
Gedung baru KPK
Ilustrasi. Gedung KPK (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Jumlah nama dalam daftar buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertambah. Jumlah buronan KPK bertambah setelah Bupati Mamberamo Tengah, Papua, Ricky Ham Pagawak (RHP) dinyatakan kabur.

Ricky Ham Pagawak diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Namun, yang bersangkutan kabur saat hendak dijemput paksa oleh penyidik KPK.

Ricky Ham ditetapkan sebagai kasus dugaan suap. Kini, namanya sudah tercatat dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Salah satu pihak yang telah ditetapkan sebagai Tersangka dalam perkara dugaan TPK berupa pemberian dan penerimaan suap serta gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah Provinsi Papua, benar, KPK nyatakan, telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (18/7/2022).

KPK telah melakukan serangkaian upaya untuk mencari keberadaan Ricky. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni memeriksa orang-orang dekat bupati yang tercatat sebagai kader Partai Demokrat (PD) itu.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak.Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (Foto: Dokumen Istimewa)

Bukan tanpa alasan KPK memeriksa orang-orang dekat Ricky. Sebab, ada dugaan orang-orang itulah yang membantu Ricky kabur.

Untuk mengungkap keberadaan Tersangka dimaksud, Tim Penyidik telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan kepada berbagai pihak di antaranya orang-orang terdekat Tersangka yang diduga turut membantu proses pelarian Tersangka," ujarnya.

"Saat ini tim masih menganalisa berbagai keterangan pihak dimaksud," lanjut Ali.

Selengkapnya di halaman selanjutnya

Simak Video: Bupati Mamberamo Tengah Masuk DPO KPK

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT