Faktor Maut Kecelakaan Truk Pertamina: Rem Blong, Turunan, Lampu Merah

ADVERTISEMENT

Faktor Maut Kecelakaan Truk Pertamina: Rem Blong, Turunan, Lampu Merah

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 07:23 WIB
Kecelakaan maut truk Pertamina menabrak sejumlah motor dan mobil terjadi di Jalan Alternatif Cibubur, Bekasi. 8 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan ini.
Foto kecelakaan maut melibatkan truk Pertamina: (Rizky Adha/detikcom)
Jakarta -

Kecelakaan maut melibatkan truk tangki Pertamina terjadi di Jalan Transyogi, Cibubur, Bekasi. Ada tiga faktor yang diduga memicu kecelakaan maut ini terjadi.

detikcom, Selasa (19/7/2022), merangkum tiga faktor yang diduga menjadi pemicu kecelakaan terjadi. Berikut ini tiga faktor tersebut:

1. Rem Blong

Kecelakaan truk tangki Pertamina itu menyebabkan 10 orang meninggal dunia. Diduga kecelakaan terjadi karena rem truk itu blong.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan informasi awal yang didapatkannya kecelakaan maut itu diduga akibat rem blong. Namun, pihak kepolisian masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Masih terlalu dini, petugas masih di TKP. Dugaan sementara rem blong. Tapi harus dibuktikan lebih dahulu supaya objektif," kata Firman saat dihubungi detikcom, Senin (18/7).

Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi tidak menemukan jejak rem di lokasi. Sopir truk itu juga sudah diamankan untuk dimintai keterangan terkait kecelakaan maut.

"Kalau kami cek di lapangan ini sementara belum ada bekas rem. Tapi untuk lebih lanjut kami akan melakukan pemeriksaan kendaraan ini dengan teknisi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.

Untuk memastikan penyebab pastinya penyidik dari Subdit Gakkum Korlantas Polri akan menyelidiki kecelakaan maut tersebut. Penyidik Korlantas Polri akan memberikan asistensi terhadap penyelidikan yang dilakukan jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya.

2. Turunan

Lokasi kecelakaan maut ini juga terjadi di turunan dengan lampu lalu lintas (traffic light) di ujung turunan. Lokasi seperti ini dinilai rawan terjadi kecelakaan.

Politikus Gerindra Fadli Zon mengatakan dia pernah melewati TKP kecelakaan maut. Menurutnya, kondisi lampu merah di pertigaan CBD yang dinilai tidak pas. Bahkan menurutnya menjadi lokasi rawan kecelakaan.

"Sangat tidak pas ada lampu merah di situ. Posisinya turunan dan agak berkelok. Sehingga banyak orang tidak aware ada lampu merah, beberapa kali pas kunjungan ke Dapil, sering ada rem mendadak karena lampu merah" kata Fadli.

Fadli juga meminta agar letak lampu merah itu ditinjau ulang. "Sebaiknya dievaluasi serius," katanya.

Berdasarkan pantauan di Google Maps dengan menu Street View, permukaan jalan di sini berupa turunan di bawah jalan layang. Badan jalan ini lebar.

Di ujung turunan, ada traffic light yang berada di pertigaan. Bila ke kiri, jalan mengarah ke Cibubur CBD. Bila lurus terus, kendaraan akan melewati jembatan di atas Kali Sentul, terus ke arah Mekarsari.

Simak Video: Fakta-fakta Terkini soal Kecelakaan Maut Truk Pertamina

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT