ADVERTISEMENT

Kemenpora: KTT Y20 Wujudkan Kontribusi Pemuda dalam Pemulihan Pasca Covid

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 01:47 WIB
Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh (Dok istimewa)
Foto: Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh (Dok istimewa)
Jakarta -

Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh mengatakan pemuda punya peran strategis dalam pemulihan ekonomi dan sosial pasca COVID-19 yang melanda bangsa-bangsa di dunia. Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y20) dinilai sangat penting dalam mewujudkan kontribusi pemuda.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh Niam dalam sambutan pembukaan KTT Y20 Indonesia 2022 yang diselenggarakan di Gedung Nusantara V DPR-RI Jakarta, hari ini Senin (18/7/2021).

"Kegiatan KTT Y20 ini sangat penting dalam mewujudkan kontribusi kita dalam pemulihan pasca Covid, perdamaian dunia dan kesejahteraan, bangkit pasca Covid dengan komitmen kebersamaan. KTT Y20 ini menjadi relevan untuk kontribusi mengakselerasi penyelesaian masalah dengan kepeloporan, kreativitas dan inovasi," ujar Niam dalam keterangannya.

"Dalam konteks relasi antarbangsa, kita terhubung menjadi satu komunitas, satu belahan dunia krisis akan berdampak pada belahan dunia yang lain. Satu negara perang, akan berdampak stabilitas negara yang lain. Untuk itu kita harus hadapi masalah dengan komitmen kebersamaan. Karena itu lah dibutuhkan komitmen kebersamaan, respek, solidarity atau the power of We; bukan saya atau kamu, tetapi kita," papar akademisi UIN Jakarta ini.

Niam menambahkan Nabi Muhammad mengumpamakan keterkaitan antar umat manusia, seperti satu tubuh. Jika satu anggota tubuh terluka, maka seluruh bagian tubuh akan terdampak.

"Tamsil ini sangat relevan dalam kehidupan sosial kita hari ini, yang saling tergantung dan saling membutuhkan", tambahnya.

"Dalam konteks pergaulan antarbangsa, kita tidak bisa, dan tidak boleh mencukupkan diri puas dalam relasi kebangsaan dengan batas teritori yang sempit. Perlu ada komitmen untuk membangun keterbukaan, saling respek dan saling memberi saling menerima", ujarnya.

"Terakhir saya ingin mengatakan bahwa Y20 harus menjadi salah satu kontribusi pemuda untuk peradaban dunia yang lebih baik. From Indonesia to The better World", pungkasnya.

Kegiatan KTT Y20, jelas Niam, adalah kegiatan pendamping dari KTT G20 yang khusus mendiskusikan berbagai isu kepemudaan dan kontribusi pemuda dalam menyelesaikan masalah bangsa-bangsa.

Sejak Maret 2022, tambah Niam, telah dilaksanakan 4 kegiatan pra-KTT dengan membincangkan isu strategis kepemudaan. Ada 4 isu besar yang diusung dalam momentum Y20 Indonesia 2022 ini.

Mulai dari ketenagakerjaan pemuda (youth imployment), transformasi digital (digital transformation), bumi yang layak huni dan berkelanjutan (sustainable and livable planet), serta isu keberagaman dan inklusi (diverity and inclusion).

Kegiatan KTT Y20 yang diselenggarakan di Gedung MPR RI Nusantara V ini juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Singapura Alvin Tan, Dirjen Kepemudaan Kementerian Olahraga India, serta seluruh delegasi pemuda dari 20 negara anggota G-20 serta peninjau dari berbagai elemen pemengku kepentingan kepemudaan. Kegiatan Pra-KTT Y20 dilaksanakan di Palembang, Balik Papan, Mataram, dan Manokwari.

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT