ADVERTISEMENT

Menlu Retno Hadir Pembukaan KTT Y20 Indonesia 2022 di DPR

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 17:08 WIB
Menlu Retno hadir di acara pembukaan KTT Y20 di Gedung DPR RI
Menlu Retno hadir di acara pembukaan KTT Y20 di Gedung DPR RI. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y20) dibuka di gedung DPR, RI Senayan, Jakarta, hari ini. Acara KTT Y20 akan berlangsung di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli.

Pantauan detikcom di gedung Nusantara V DPR, Minggu (13/7/2022) siang, acara puncak KTT Y20 dibuka. Hadir Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, anggota DPR RI Puteri Anetta Komarudin, dan Co-Chair Y20 Michael Victor Sianipar. Tak terlihat Ketua DPR Puan Maharani dan pimpinan lain di acara puncak internasional ini.

Selain itu, para delegasi dari sejumlah negara memadati ruangan. Ada 72 delegasi dari 18 negara yang hadir secara fisik.

Retno menyambut para delegasi pemuda di acara KTT Y20 ini. Retno mengatakan saat ini dunia masih belum sepenuhnya pulih dari situasi pandemi COVID-19.

"Pertama-tama, saya ingin menyambut dengan hangat ke Indonesia dan ke Jakarta, para rekan-rekan sekalian. Saat ini kita bertemu situasi yang penuh tantangan meski dunia ini belum sepenuhnya pulih dari pandemi," kata Retno dalam pidatonya. Pidato Retno disampaikan dalam bahasa Inggris.

Retno menuturkan berbagai negara masih dihadapkan dengan isu dan tantangan yang baru di masa pemulihan ini, salah satunya tantangan geopolitik yang berimbas pada keamanan pangan dan energi. Atas situasi itulah, dia meyakini Indonesia sebagai ketua presidensi G20 memegang tanggung jawab kolektif untuk mengatasi berbagai tantangan global.

"Kita mulai dihadapkan dengan isu-isu dan tantangan yang baru dengan pemulihan serta tantangan geopolitik, khususnya dampaknya bagi keamanan pangan dan energi," kata Retno.

"Dari situasi inilah presidensi G20 Indonesia kemudian dijalankan. Indonesia meyakini bahwa G20 memegang tanggung jawab kolektif untuk mengatasi berbagai tantangan global dengan mengesampingkan perbedaan untuk memastikan G20 tetap relevan," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Michael menyampaikan KTT Y20 Indonesia 2022 merupakan bentuk selebrasi keberagaman dunia. Dia menekankan pentingnya persatuan dalam keberagaman yang juga menjadi tujuan acara tersebut.

"Kita merayakan keberagaman kita. Tapi penting bahwa dalam keberagaman harus ada persatuan, koherensi, pemahaman, tujuan yang disepakati yaitu tujuan Y20. Sebagai pemuda, saya sampaikan Y20 forum yang premier, istimewa, kesempatan terdekat untuk bisa menjangkau pemimpin dunia," ujar Michael.

Delegasi Indonesia, Marcel Satria, menyampaikan empat isu krusial dalam acara KTT Y20 Indonesia 2022. Keempat isu tersebut adalah ketenagakerjaan anak muda, transformasi digital, planet berkelanjutan, serta keberagaman dan inklusi.

"Sebagai presidensi Y20, adapun 4 isu krusial yang akan diangkat yakni ketenagakerjaan anak muda, transformasi digital, planet berkelanjutan serta keberagaman dan inklusi," kata Marcel kepada wartawan.

Marcel mengatakan pihaknya memprioritaskan suara anak muda terkait isu yang diangkat. Menurutnya, peran kaum muda penting dalam memulihkan pandemi COVID-19.

"Dari setiap isu tersebut, kita memprioritaskan suara kaum muda dan kita melihat urgensi tentang apa yang harus kita lakukan untuk memastikan kita pulih dari masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Lihat juga video 'Anies dan RK Minta Isu di KTT Y20 Dibawa ke Forum G20':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT