Ngeri Pelecehan Seksual di KRL, Kurang Sepekan Terjadi 3 Kali

ADVERTISEMENT

Ngeri Pelecehan Seksual di KRL, Kurang Sepekan Terjadi 3 Kali

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 22:12 WIB
Tarif KRL commuter line bakal naik menjadi Rp 5.000 masih dalam kajian. Usulan tersebut masih didiskusikan sebelum disampaikan ke Menhub.
Ilustrasi KRL (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kasus pelecehan seksual di kereta rel listrik (KRL) masih terjadi. Dalam kuran waktu kurang dari sepekan, dilaporkan ada 3 kejadian.

Pelecehan seksual itu dilakukan 3 orang pria dalam waktu dan lokasi yang berbeda. Ketiga peristiwa tersebut terekam kamera penumpang KRL lain dan kemudian viral di media sosial (medsos).

Satu kasus telah berlanjut ke proses hukum. Sementara dua kasus lainnya belum diketahui kelanjutannya.

Dua kasus pelecehan seksual itu dilancarkan pelaku kepada penumpang perempuan yang sedang tidur. Sedangkan satu kasus lainnya, diduga dilakukan pelaku saat berdesak-desakan di dalam gerbong KRL.

Kondisi ini membuat penumpang wanita ngeri dan resah. Pengelola KRL, PT KAI Commuter, juga terus mengimbau para penumpang untuk waspada hingga siap memberi pendampingan kepada korban untuk membawa kasus tersebut ke jalur hukum.

Berikut 3 Kasus Pelecehan yang Terjadi:

1. Pria Cabul Incar Wanita Tidur di KRL Relasi Jakarta-Bogor

Seorang pria cabul terekam video kamera mencoba melakukan pelecehan seksual kepada penumpang perempuan yang tengah tertidur di KRL relasi Jakarta-Bogor. Pria itu telah ditangkap dan dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa.

Kasus ini terjadi pada Kamis (14/7) di KRL relasi Jakarta-Bogor. Dalam video yang beredar, terlihat pelaku berdiri di salah satu sudut pintu KRL. Sementara korban duduk di kursi penumpang dekat pelaku yang sedang tertidur.

Pria tersebut sempat mendekati korban untuk melakukan aksi cabulnya. Namun aksi itu urung dilakukan karena korban terbangun dari tidurnya.

Pihak KAI Commuter lalu merespons cepat peristiwa viral tersebut. Petugas kemudian berhasil menangkap pelaku di Stasiun Pasar Minggu.

"Petugas pengamanan di dalam KRL berkoordinasi dengan petugas keamanan stasiun mengamankan terduga pelaku pelecehan di KRL No.4264 relasi Jakarta Kota-Bogor," kata Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan, dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (17/7).

Belum diketahui identitas dari pelaku. Pelaku sempat diamankan ke Pos Pengaman Stasiun Pasar Minggu dan kemudian diserahkan kepada aparat Polsek Pasar Minggu untuk penyelidikan lebih lanjut.

Lihat video 'Terjadi Lagi! Penumpang KRL Dilecehkan, Kali ini saat Tertidur':

[Gambas:Video 20detik]



Simak 2 kasus lain di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT