ADVERTISEMENT

TransJ Kecelakaan Lagi, Ketua DPRD DKI Soroti Jam Kerja Sopir

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 16:34 WIB
Rapat DPRD DKI Jakarta di resort Grand Cempaka Puncak Bogor
Prasetyo Edi (Dok. DPRD DKI Jakarta)
Jakarta -

Bus TransJakarta kembali terlibat dalam kecelakaan hingga menewaskan wanita TA (52) di Halte Kramat Sentiong, Senen, Jakarta Pusat. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti jam kerja sopir bus TransJakarta yang berpengaruh terhadap kesehatannya.

"Dikasih tahu juga percuma, nggak diindahkan juga. Sekarang kan gini, harus dikontrol in-out-nya, TransJakarta secara operasional, dicek kesehatannya secara proporsional, kenapa kok bisa tabrakan berkali kali kan pasti ada sebab musababnya, apakah dia kurang istirahat atau dia sakit atau dia teler, kan kita nggak tahu," kata Prasetyo saat dihubungi, Senin (18/7/2022).

"Tapi kalau jamnya diatur dengan baik, in-out-nya diatur saya rasa tidak akan ada seperti itu," sambungnya.

Politikus PDIP itu juga menganggap pemanggilan direksi TransJakarta ke DPRD sia-sia. Sebab, hal itu tidak mengurangi frekuensi kecelakaan yang melibatkan TransJakarta tak berkurang.

"Yaudah berapa kali dipanggil kejadian terus gimana? Kalau orang direktur TransJakarta harusnya yang paham soal transportasi umum penekanannya di situ," ujarnya.

Prasetyo juga menyoroti kondisi halte TransJakarta yang mulai mengalami penumpukan seiring pelonggaran aktivitas. Dia lantas meminta agar direksi mengatasi permasalahan ini.

"Sekarang kan penumpukan TransJakarta sudah terlihat. Fungsi TransJ sekarang untuk membantu masyarakat menggunakan transportasi umum kan tugasnya itu," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, peristiwa ini terjadi pada Sabtu (16/7), sekitar pukul 22.00 WIB. Edi mengatakan awalnya sopir bus TransJakarta berinisial YH berhenti di Halte Kramat Sentiong untuk menurunkan korban.

Saat itu, korban turun melewati pintu samping kiri pengemudi. Kemudian, setelah dipastikan turun, sopir bus langsung menjalankan kendaraannya kembali.

"Baru sekitar 5 meter ternyata penumpang tersebut tertabrak dan terlindas roda depan bus Trans Jakarta," ucap Edi kepada wartawan, Minggu (17/7).

Korban mengalami luka parah di bagian kepala dan dinyatakan meninggal dunia di lokasi.

"Korban mengalami luka pada bagian kepala dan tangan kanan patah hingga meninggal dunia di TKP," sambungnya.

Simak video 'Seorang Wanita Tewas Terlindas TransJ di Halte Kramat Sentiong':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT