ADVERTISEMENT

Menkes Lapor Jokowi soal Temuan Kasus BA.2.75 di Bali dan Jakarta

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 14:49 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menkes Budi Gunadi Sadikin melaporkan soal kasus subvarian Omicron BA.2.75 yang awalnya ditemukan di India. Budi menyebut kasus itu sudah ada di Jakarta dan Bali.

"Kami juga mengupdate ke Bapak Presiden ada subvarian baru yang namanya BA.2.75 yang sekarang beredar di India mulainya dan sudah masuk ke 15 negara. Ini juga sudah masuk di Indonesia. Satu ada di bali karena kedatangan luar negeri. Dua ada di Jakarta. Jadi kemungkinan besar transmisi lokal sedang kita cari sumbernya dari mana," kata Budi dalam pernyataan pers setelah rapat terbatas seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/7/2022).

Budi juga menyampaikan transmisi kasus COVID-19 di Indonesia masih berada di level 1. Sedangkan khusus untuk Jakarta sudah masuk level 3.

"Tetapi beberapa provinsi seperti DKI Jakarta sudah ada di level 3 utk tingkat transmisinya dan Banten sudah ada di level 2. Sedangkan provinsi-provinsi lainnya masih ada di level 1 untuk levelnya WHO," ujar Budi.

Budi kemudian memaparkan angka hospitalisasi yang masih relatif rendah. Selain itu, angka fatalitasnya juga masih relatif rendah di bawah standar WHO.

"Dan perlu kami sampaikan secara persentase yang meninggal karena kita konsentrasinya ke sana, yang meninggal paling tinggi adalah orang yang belum divaksin atau yang divaksin baru satu kali. Sedangkan yang sudah divaksin dua kali jauh menurun persentase fatalitasnya atau yang wafat kalau terkena dan yang dibooster sudah sangat menurun persentase yang wafatnya atau yang kena," imbuh Budi.

Simak video 'Airlangga Beberkan Kondisi Pandemi Covid-19 di RI':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT