Menkes: Kenaikan Kasus COVID RI Mirip India, Tak Cepat tapi Naik Terus

ADVERTISEMENT

Menkes: Kenaikan Kasus COVID RI Mirip India, Tak Cepat tapi Naik Terus

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 14:37 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menkes Budi Gunadi Sadikin melaporkan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Budi mengatakan kasus COVID-19 di Indonesia mirip dengan India.

Pernyataan itu disampaikan Budi usai rapat terbatas evaluasi PPKM seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/7/2022). Budi awalnya menyampaikan mengenai kenaikan kasus COVID-19 di luar negeri, bahkan sudah ada yang lebih dari 100 ribu kasus per hari.

"Indonesia itu mirip dengan India di mana kenaikannya tidak cepat tetapi perlahan naik terus dan kita belum melihat puncaknya tercapai dengan cepat seperti yang terjadi di negara-negara lain," kata Budi.

Budi juga melaporkan ke Jokowi soal subvarian BA.4 dan BA.5 yang mempunyai kemampuan menembus vaksinasi. Menurut Budi, kemampuan BA.4 dan BA.5 menembus vaksinasi lebih tinggi dibanding Omicron.

"Sehingga kemungkinan masyarakat untuk terkena infeksi lebih tinggi walau yang bersangkutan sudah divaksinasi. Tetapi kami juga sampaikan ke bapak presiden bahwa proteksi untuk masuk rumah sakit hospitalisasi dan fatality masih tetap tinggi sehingga disarankan masyarakat tetap cepat-cepat di-booster karena walaupun ada kemungkinan terkena tapi booster terbukti mampu melindungi kita untuk tidak masuk rumah sakit. Dan kalau toh masuk rumah sakit, tingkat fatalitasnya akan sangat rendah," ujar Budi.

Simak video 'BPOM Beri Izin Paxlovid Jadi Obat COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT