ADVERTISEMENT

Marsma Wahyu Hidayat Sudjatmiko Resmi Jabat Komandan Paspampres

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 13:41 WIB
Mayjen Tri Budi Utomo dan Marsma Wahyu Hidayat Sudjatmiko (Nahda-detikcom)
Mayjen Tri Budi Utomo dan Marsma Wahyu Hidayat Sudjatmiko (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Marsma Wahyu Hidayat Sudjatmiko resmi menjabat Komandan Paspampres (Danpaspampres). Wahyu resmi menjabat Danpaspampres menggantikan Mayjen Tri Budi Utomo.

Proses pelantikan dilakukan di Ruang Hening Mabes TNI, Jakarta, Senin (18/7/2022). Wahyu resmi menjabat Danpaspampres menggantikan Tri Budi yang ditunjuk menjadi Pangdam VI/Mulawarman.

Wahyu mengatakan dia akan melanjutkan program-program yang sudah dijalankan Danpaspampres sebelumnya. Wahyu menyebut akan mempersiapkan prajuritnya untuk persiapan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"Yang jelas ke depan kita akan melanjutkan program-program yang sudah dijalankan oleh komandan sebelumnya karena kami sudah merencanakan dari awal dalam rangka menyongsong kegiatan jadi sudah masuk tahap bertahap terutama bagaimana me-manage pasukan," kata Wahyu kepada wartawan di Mako Paspampres, Jakarta Pusat.

"Jadi nanti pada saat persiapan akan berangkat semua akan siap, jadi saya akan melanjutkan program yang sudah direncanakan terutama dalam menghadapi KTT G20," sambungnya.

Wahyu mengatakan dirinya akan meningkatkan latihan para prajurit agar lebih profesional. Wahyu juga sempat menyinggung tragedi penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe.

"Di luar itu juga saya kami semua akan melaksanakan meningkatkan kegiatan latihan-latihan, sehingga prajurit kami lebih profesional. Kita belajar dari terjadinya kemarin situasi yang terjadi Mantan PM Jepang itu buat pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua," ujarnya.

Sementara, Tri Budi mengatakan Marsma Wahyu merupakan seniornya. Tri menyebut dirinya memberi pesan kepada prajurit Paspampres untuk melaksanakan tugas sebaik mungkin.

"Saya tidak berpesan karena beliau adalah senior saya, tetapi saya hanya berpesan kepada prajurit Paspampres seluruhnya bahwa Paspampres ini adalah perisai hidup daripada VVIP dalam hal ini Presiden dan Wapres, serta keluarganya, serta mantan Presiden dan Wapres dan keluarganya dan tamu negara setingkat presiden," ujar Tri Budi.

"Otomatis setiap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan Paspampres tidak boleh ada kesalahan sekecil apa pun. Itu semoga Paspampres bisa melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya," tambahnya.

(nhd/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT