ADVERTISEMENT

Momen Rayuan Ganjar Pranowo Luluhkan ODGJ

Vandi Romadhon - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 12:22 WIB
Ganjar saat merayu salah seorang ODGJ di Purwokerto, Banyumas, Senin (18/7/2022).
Foto: Ganjar saat merayu salah seorang ODGJ di Purwokerto, Banyumas, Senin (18/7/2022).. (dok. Pemprov Jateng)
Banyumas -

Relawan ODGJ Banyumas Raya mengajak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk 'berburu' orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah itu. Bersama relawan, Ganjar sempat bertemu dengan salah satu ODGJ di depan Masjid Tujuh Belas Purwokerto.

ODGJ berusia paruh baya itu awalnya ketakutan saat didekati Ganjar dan relawan. ODGJ tersebut menolak bantuan para relawan dan beralasan takut akan dipasung.

Namun usai dirayu, ODGJ itu pun luluh. Ganjar bahkan sempat memberi uang pada ODGJ itu karena pria itu mengatakan ingin ke notaris.

"Ini uangnya buat ke notaris ya. Itu dipotong dulu rambutnya sama kukunya biar ganteng. Kan mau ketemu notaris," kata Ganjar seperti dilansir dari detikJateng, Senin (18/7/2022).

ODGJ itu pun akhirnya menurut. Bahkan ia berkali-kali tertawa dengan candaan dan guyonan Ganjar. Setelah selesai dipotong rambut dan kukunya, relawan memandikannya di masjid dan menelpon ambulans PMI untuk mengevakuasi ODGJ ke rumah sakit.

"Ini luar biasa. Jadi sebenarnya kalau kita melihat dulu ada Sinau Hurip, hari ini ada relawan ODGJ Banyumas. Cara komunikasinya juga bagus dengan mereka, mulai dari nggak mau terus kemudian sampai bisa tersenyum. Itu sebuah proses yang saya nggak punya ilmunya. Ini betul-betul kawan-kawan yang dengan hati, tulus, mereka peduli dengan ODGJ. Hebat lah," ungkapnya.

Baca selengkapnya di sini

(idh/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT