ADVERTISEMENT

Pelamar Kerja Membludak Depan Pabrik di Tangerang, Disnaker Beri Teguran

Khairul Ma'arif - detikNews
Minggu, 17 Jul 2022 18:39 WIB
Heboh Pencari Kerja Padati Depan Pabrik di Tangerang Sejak Dini Hari (Istimewa)
Foto: Heboh Pencari Kerja Padati Depan Pabrik di Tangerang Sejak Dini Hari (Istimewa)
Tangerang -

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang turun tangan perihal viralnya pelamar kerja yang membludak di depan pabrik di Jatiuwung dini hari hingga pagi tadi. Disnaker memanggil manajemen PT Roda Prima Lancar (RPL) untuk meminta keterangan perihal peristiwa yang viral di media sosial tersebut.

"Makanya tadi saya perintahkan ke bidang penempatan untuk memanggil hari Senin dan pihak RPL itu sendiri. Saya sudah perintahkan ke bawahan untuk memanggil berkaitan dengan kejadian yang ramai di medsos yang sedang viral," ujar Kepala Disnaker Ujang Hendra saat dihubungi, Minggu (17/7/2022).

Ujang menyayangkan ramainya antrean pelamar kerja yang memadati depan perusahaan tersebut. Mengingat saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih diterapkan.

Ujang menyebut tujuan pemanggilan ini untuk mengklarifikasi. Menurutnya, saat pandemi ini kan tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang telah diterapkan. Ujang pun mengaku telah langsung menegur perusahaan tersebut.

"Makanya harusnya terantisipasi tidak harus seperti ini. Karena kan di job fair itu kan kita juga berarti kan kondisinya kan sekarang kan masih PPKM ya. Jadi kalau pake virtual itu kan dia bisa langsung by email nanti upload penerimanya itu. Makanya tadi saya langsung menegur, apakah tidak diberi tahu, apakah tidak ditawarkan, karena pada bidang penempatan kita sudah menawarkan tapi belum direspon," ucap Ujang.

Ujang meminta perusahaan untuk mengikuti job fair yang diadakan Disnaker Kota Tangerang. Hal itu guna menghindari membludaknya antrean pelamar kerja seperti tadi pagi terjadi.

"Jadi saya pikir sebelumnya jika mereka mengikuti nanti yang akhir bulan ini yang rutin setiap bulan kita lakukan ke hal-hal seperti itu (membeludaknya pelamar kerja) tidak akan terjadi. Sudah ditawarkan tapi tidak ada respons dari pihak RPL," tambahnya.

Ujang melanjutkan, perekrutan yang dilakukan PT RPL hari ini juga tidak dikoordinasikan dengan Disnaker Kota Tangerang. Ujang mengaku tak bisa memberikan sanksi lantaran hal itu menjadi kewenangan Disnaker Provinsi Banten.

"Saya tanyakan tidak ada ya makanya saya juga mau menanyakan ke pihak RPL apakah sudah melaporkan karena kan harusnya ada pemberitahuan terkait dengan perekrutan itu. Ya memang kita akan menghimbau sifatnya. Menghimbau kaitan dengan kewajiban-kewajiban yang disampaikan ke perusahaan karena bicara pengawasan kan pengawasan ada di provinsi," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Pelamar kerja memadati pabrik di Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, dini hari hingga pagi tadi. Para pencari kerja itu antre untuk mengikuti seleksi karyawan baru di pabrik yang bergerak di bidang manufaktur logam, spesialis dalam sektor otomotif tersebut.

Keramaian dan kepadatan para pelamar kerja ini viral di media sosial (medsos). Dari unggahan tersebut yang dilihat detikcom, Minggu (17/7/2022), tampak keramaian pelamar kerja ini sangat membludak di halaman depan pagar pabrik sejak dini hari.

Kondisi tersebut pun membuat pihak kepolisian turun tangan untuk mengamankan situasi. Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho mengatakan ada sekitar 500 pelamar kerja yang datang untuk mengikuti seleksi.

"Telah dilaksanakan pengamanan terkait kedatangan calon peserta seleksi karyawan baru di PT Roda Prima Lancar (RPL) Jatiuwung, Kota Tangerang sebanyak 500 orang pelamar yang datang dari berbagai daerah," kata Zain saat dihubungi wartawan, Minggu (17/7).

Simak video 'Heboh Pelamar Kerja Membludak Hingga Depan Pabrik di Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT