ADVERTISEMENT

Mensesneg-Mendagri Tinjau Revitalisasi TMII, Bikin Video untuk Gubernur

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 17 Jul 2022 09:45 WIB
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian melakukan peninjauan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (Dwi Rahmawati/detikcom)
Foto: Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian melakukan peninjauan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan peninjauan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII nantinya akan menjadi salah satu venue pertemuan G20.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (17/7/2022) pukul 08.35 WIB, kedua menteri tersebut berangkat dengan mobil wisata yang sama. Rombongan berangkat dari anjungan DIY Yogyakarta.

Terlihat Tito Karnavian bersama Pratikno turun di anjungan Nusa Tenggara Timur. Tito kemudian mendokumentasikan kunjungan tersebut ke dalam video.

Video itu berisi pesan ke para Gubernur. Anjungan yang bagus, akan dipuji. Sementara yang dinilai kurang, sang Gubernur akan ditegur.

Selanjutnya di anjungan Jawa Barat, kedua menteri tersebut turun. Ia pun berpesan kepada Gubernur Jawa Barat untuk memberi sentuhan terhadap anjungan di TMII.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian melakukan peninjauan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).Foto: Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan peninjauan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Bagus lah untuk Jawa Barat ini dan lokasinya sangat bagus menghadap ke archipelago. Tinggal beberapa sentuhan lah. Thank you ya Mas Ridwan Kamil," papar Pratikno saat sambil membuat video dokumentasi.

Lalu giliran anjungan Sumatra Barat, kedua menteri itu meninjau ke dalam halaman dan membuat video kembali. Mereka saling diskusi menyampaikan pesan ke Gubernur terkait.

"Tolong segera direnovasi, tolong segera diperbaiki merujuk pada desainnya PUPR. Makasih ya Pak Gub," sambung Pratikno ditambahi ucapan Tito.

Untuk diketahui, mendekati hari penyelenggaraan G20, PT Brantas Abipraya (Persero) optimistis revitalisasi di TMII akan rampung tepat waktu.

Dalam pelaksanaan revitalisasi, pihak Brantas fokus pada pembangunan area Lanskap Pulau-Pulau di Danau Archipelago dan Revitalisasi empat danau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pihak TMII optimis renovasi TMII akan rampung pada akhir Juli 2022. Persiapan proyek dipantau oleh Asisten Deputi (Asdep) Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hendrika Nora Osloi Sinaga didampingi Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko Brantas Abipraya Suradi dan Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas.

"Kami optimis dapat merampungkan pengerjaannya tepat waktu sesuai dengan yang ditargetkan Menteri PUPR bahwa memproyeksikan renovasi TMII rampung pada akhir Juli 2022 ini. Tentunya rampung dengan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) selama pengerjaan, juga kualitas unggulnya," ujar Manajemen Risiko Brantas Abipraya Suradi dalam keterangan tertulis, Jumat (15/7/2022).

Lihat juga video 'Tetap Buka Meski Sedang Revitalisasi, Begini Kondisi TMII':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT