ADVERTISEMENT

TMII Hari Ini Buka atau Tutup? Ini Info TMII Selengkapnya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 08:55 WIB
TMII Hari Ini Buka atau Tutup? Ini Info Terbaru TMII Selengkapnya
TMII Hari Ini Buka atau Tutup? Ini Info Terbaru TMII Selengkapnya | Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta -

TMII hari ini buka atau tutup? Menjadi pertanyaan yang tak sedikit masyarakat cari. Lantaran ingin menghabiskan waktu luang atau akhir pekan dengan berkunjung ke tempat rekreasi, seperti TMII.

TMII atau singkatan dari Taman Mini Indonesia Indah ini menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang kerap kali dikunjungi masyarakat. TMII atau Taman Mini sendiri berada di wilayah Jakarta Timur.

Lantas, apakah TMII hari ini buka atau tutup? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

TMII Hari Ini Buka atau Tutup? TMII Tutup Sementara

Untuk menjawab pertanyaan TMII hari ini buka atau tutup perlu mengacu pada keterangan resmi yang disampaikan oleh pihak Taman Mini. Melansir dari media sosial Instagram TMII (@tmiiofficial), berikut keterangan lengkapnya.

Pada 16 Mei 2022 lalu, telah diumumkan bahwa TMII untuk sementara ditutup. Penutupan sementara Taman Mini itu mulai tanggal 17 Mei 2022 sampai batas waktu yang akan ditentukan nantinya.

Jadi, apakah TMII hari ini buka atau tutup? Jawabannya TMII sedang ditutup untuk sementara waktu sampai batas waktu yang akan ditentukan.

TMII Hari Ini Buka atau Tutup? Ini Info Terbaru TMII SelengkapnyaTMII Hari Ini Buka atau Tutup? Ini Info Terbaru TMII Selengkapnya Foto: Dok. Kementerian PUPR

TMII Hari Ini Buka atau Tutup: Revitalisasi TMII

Pertanyaan TMII hari ini buka atau tutup sudah terjawab, yakni TMII ditutup sementara sejak 17 Mei 2022 lalu. TMII ditutup sementara ini lantara dalam rangka revitalisasi TMII.

Adanya revitalisasi Taman Mini ini bertujuan untuk dapat menjadikan TMII menjadi jauh lebih baik dan menarik. Dengan menyuguhkan beragam fasilitas dan hiburan lainnya.

Revitalisasi TMII kali ini juga bertujuan untuk menyambut acara presidensi G20 pada November 2022 mendatang. Selain itu, juga tentunya untuk meningkatkan pelayanan dan destinasi wisata. Demikian yang disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan update progres revitalisasi TMII, dilansir dari postingan Instagram media TMII (@media_tmii), Rabu (14/7/2022).

Disebutkan pula, revitalisasi Taman Mini itu mengusung konsep Indonesia Opera. Hal itu untuk menjadikan TMII sebagai the Ultimate Showcase of Indonesia yang merepresentasikan keberagaman potensi Nusantara.

TMII Hari Ini Buka atau Tutup: Progres Revitalisasi TMII

Dilansir dari Instagram Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) (@kemenpupr), disebutkan bahwa revitalisasi Taman Mini itu dilakukan meliputi penataan gerbang area utama, dan renovasi Joglo Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Tugu Pancasila, Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Museum Keong Mas.

Tidak hanya itu, Kementerian PUPR juga menata landskap-landskap Danau Archipelago, pedestrian anjungan, viewing tower, Kaca Benggala, halte, area parkir, gedung pengelola, serta pembangunan gedung parkir bertingkat dan community center.

Setelah direvitalisasi, TMII akan terdiri dari 70 persen zona hijau dan 30 persen zona bangunan. Revitalisasi Taman Mini ini juga diharapkan dapat menjadikan TMII sebagai destinasi wisata yang merupakan representasi keragaman dan kekayaan potensi daerah dan budaya Indonesia.

Revitalisasi TMII Sampai Kapan? Target Akhir Juli 2022

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa hendak menjadikan TMII sebagai destinasi wisata yang lebih aman, nyaman, dan sehat

"TMII merupakan tempat rekreasi rakyat yang dibangun sejak tahun 70-an. Kita mulai renovasi atas perintah Presiden Jokowi untuk menjadikan TMII sebagai destinasi wisata yang lebih aman, nyaman, dan sehat," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta (12/7/2022), dikutip dari Instagram resmi @kemenpupr.

Disebutkan pula bahwa seluruh pekerjaan dalam rangka revitalisasi TMII itu ditargetkan akan selesai pada akhir Juli 2022. Namun, untuk pekerjaan revitalisasi Tugu Pancasila ditargetkan akan selesai pada Agustus 2022.

Demikian, pertanyaan TMII hari ini buka atau tutup sudah terjawab, yakni TMII tutup sementara karena sedang dalam tahap revitalisasi dengan target rampung di akhir Juli 2022. Semoga bermanfaat.

Simak juga 'Tetap Buka Meski Sedang Revitalisasi, Begini Kondisi TMII':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT