ADVERTISEMENT

PD Nilai Irjen Sambo Tak Perlu Dinonaktifkan: Gimana Cara Dia Intervensi?

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 17 Jul 2022 07:16 WIB
Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir Yoshua semasa hidup (foto: istimewa)
Foto: Ferdy Sambo (kiri) dan Brigadir Yoshua (kanan) (dok.Istimewa)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman berpandangan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo tidak perlu dinonaktifkan gara-gara kasus penembakan yang dilakukan Bharada E terhadap Brigadir J atau Brigadir Yoshua Hutabarat di kediaman pribadinya. Dia meyakini tidak ada ruang bagi Irjen Ferdy Sambo untuk mengintervensi kasus.

"Irjen Ferdy Sambo tidak perlu dinonaktifkan. Silahkan Tim Pencari Fakta atau tim penyelidikan melakukan investigasi secara mendalam dan saya yakin Irjen Sambo tidak akan mengintervensi proses tersebut," kata Benny saat dihubungi, Sabtu (16/7/2022).

Waketum Partai Demokrat ini meyakini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga akan objektif, transparan, dan akuntabel menyelesaikan kasus tersebut. Dia meminta semua pihak untuk memberi dukungan terlebih dulu.

"Tim ini jika ditangani secara langsung Kapolri yakin pasti akan bekerja objektif, transparan, dan akuntabel. Saya percaya Kapolri akan melakukan penyelidikan secara objektif kasus ini. Dan rakyat perlu mendukung penuh kerja Polri untuk ungkapkan kasus ini secara objektif dan transparan," ucapnya.

Kemudian, Benny juga mempertanyakan alasan harus menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo. Menurutnya, tidak ada ruang bagi Irjen Ferdy Sambo mengintervensi kasus tersebut.

"Bagaimana dia intervensi? Tim itu kan dipimpin langsung Kapolri toh. Gimana dia intervensi?" ujarnya.

Trimedya Minta Irjen Ferdy Sambo Dinonaktifkan

Untuk diketahui, sejumlah pihak mendorong agar Irjen Ferdy Sambo dinonaktifkan dari jabatannya. Selain Menko Polhukam Mahfud Md, anggota Komisi III DPR Trimedya Pandjaitan mendorong agar Ferdy Sambo dinonaktifkan.

Trimedya mengatakan mengusulkan tiga saran agar segera dilakukan Kapolri Jenderal Sigit. Salah satunya, kata dia, menonaktifkan Ferdy Sambo dari jabatan Kadiv Propam.

"Saya usulkan ada tiga (yang harus) dilakukan Kapolri. Pertama untuk bentuk tim khusus itu sudah dibentuk, lalu berkas ditarik ke Mabes Polri, itu juga belum, mungkin dengan bentuk tim khusus itu. Kemudian ketiga Pak Ferdy Sambo di-nonjob-kan dulu," kata Trimedya saat dihubungi, Jumat (15/7).

Simak di halaman berikutnya.

Saksikan juga Sosok minggu ini: Ilmu di Kolong Jembatan

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT