Klarifikasi Generasi Muda Pembangunan Indonesia soal 2 Ormas Bentrok

ADVERTISEMENT

Klarifikasi Generasi Muda Pembangunan Indonesia soal 2 Ormas Bentrok

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 18:31 WIB
Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI), Rizkyansyah
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI), Rizkyansyah membantah pemberitaan yang menyebutkan organisasi yang jadi sayap pemuda Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini terlibat dalam bentrok di Cikarang, Bekasi. Menurutnya, ormas yang terlibat bentrok tersebut merupakan GMPI dengan kepanjangan nama berbeda.

Seperti diketahui, sebelumnya dua kelompok ormas terlibat bentrokan di Sentra Grosir Cikarang (SGC), Cikarang Utara, Bekasi, Rabu (13/7) sore. Pihak kepolisian menyebut bentrokan terjadi antara ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dan Gerakan Militansi Pejuang Indonesia (GMPI).

"Akibat berita tersebut, nama baik organisasi kami dirugikan karena tidak ada verifikasi di lapangan terlebih dahulu," ujar Rizkyansyah dalam keterangan tertulis, Jumat (15/7/2022).

"GMPI (Generasi Muda Pembangunan Indonesia) yang kami pimpin tidak terlibat sama sekali dengan bentrokan tersebut. Maka dari itu, ormas GMPI yang terlibat bentrokan tersebut bukan Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) namun GMPI dengan kepanjangan nama yang berbeda," imbuhnya.

Mengenai persoalan ini, Rizky mengatakan pihaknya Pimpinan Pusat GMPI telah mengirim surat 'Keberatan dan Koreksi Pemberitaan' ke sejumlah media sebagai hak jawab.

"Apabila surat ini diabaikan, maka kami akan melanjutkan pada proses hukum sebagaimana ketentuan Undang-Undang yang berlaku," ungkap Rizky.

Ia mengatakan jika dalam mesin pencarian Google, memang terdapat sejumlah organisasi yang menggunakan nama GMPI. Hal ini menandakan bukan hanya Generasi Muda Pembangunan Indonesia yang menyingkat nama organisasinya dengan GMPI.

Rizky menambahkan Generasi Muda Pembangunan Indonesia, adalah sayap pemuda Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Organisasi ini merupakan salah satu dari tiga sayap pemuda dari partai PPP di samping Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) dan Angkatan Muda Ka'bah (AMK).

"Generasi Muda Pembangunan Indonesia merupakan organisasi yang fokus dalam pembinaan generasi muda. GMPI selain punya tugas meningkatkan elektabilitas PPP, juga punya tugas di bidang kepemudaan," pungkasnya.

Simak video 'Gegara Salah Paham, 2 Ormas Terlibat Bentrok di Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT