ADVERTISEMENT

Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum, Simak Info Lengkapnya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 18:05 WIB
Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum, Simak Info Lengkapnya
Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum, Simak Info Lengkapnya | Foto: Kementerian Sekretariat Negara
Jakarta -

Istana Cipanas dibuka untuk umum menjadi kabar terkini yang perlu diketahui. Sebelumnya, Istana Kepresidenan Cipanas sempat ditutup sementara karena adanya pandemi Covid-19.

Kini, Istana Cipanas kembali dibuka untuk umum. Untuk diketahui, Istana Cipanas atau Istana Kepresidenan Cipanas berada di Jl. Raya Cipanas No 105 Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Simak informasi selengkapnya terkait Istana Cipanas dibuka untuk umum berikut ini.

Kabar Terkini Istana Cipanas Kembali Dibuka Untuk Umum

Kabar terkini tentang Istana Cipanas dibuka untuk umum itu melansir dari Instagram Kementerian Sekretariat Negara (@kemensetneg.ri), pada Jumat (15/7/2022). Kemensetneg mengumumkan bahwa Istana Cipanas kembali dibuka untuk umum.

Sebelumnya, Istana Kepresidenan Cipanas sempat ditutup sementara untuk umum. Setelah dua tahun lebih ditutup akibat pandemi Covid-19, kini Istana Kepresidenan Cipanas kembali dibuka untuk umum.

Melihat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang mulai membaik, Istana Cipanas kembali dibuka sejak 5 Juli 2022 lalu. Hal itu tentunya dengan menerapkan prosedur protokol kesehatan yang ketat.

Kembali dibukanya Istana Cipanas untuk umum bersamaan dengan kembali dibukanya program Istura Istana Cipanas. Apa itu Istura? Simak penjelasan program Istura Istana Cipanas berikut ini.

Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum, Simak Info LengkapnyaIstura Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum, Simak Info Lengkapnya | Foto: Kementerian Sekretariat Negara

Program Istura Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum

Bersamaan dengan kembali dibukanya Istana Kepresidenan Cipanas, program Istura Istana Cipanas dibuka untuk umum. Istura adalah singkatan dari program Istana Untuk Rakyat.

Istura adalah program kunjungan masyarakat ke istana-istana kepresidenan tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Salah satu istana kepresidenan yang saat ini sudah dapat dikunjungi kembali adalah Istana Kepresidenan Cipanas.

Sebelum pandemi Covid-19, jumlah kunjungan Istura Istana Cipanas dapat mencapai 1.000 orang per hari. Nnamun saat ini jumlah kunjungan Istura Istana Cipanas dibuka untuk umum dibatasi hanya 100 pengunjung per hari.

Para pengunjung Istura Istana Cipanas juga diwajibkan sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster. Dan dibuktikan dengan sertifikat vaksinasi atau dengan aplikasi PeduliLindungi.

Waktu Kunjungan ke Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum

Bagi pengunjung yang hendak melakukan kunjungan Istura Istana Cipanas perlu memperhatikan informasi terkait kapan waktu kunjungan Istura Istana Cipanas.

Berikut informasi seputar waktu kunjungan ke Istana Kepresidenan Cipanas:

  • Hari berkunjung ke Istana Cipanas: setiap hari Selasa sampai dengan hari Kamis.
  • Jam berkunjung ke Istana Cipanas: mulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB.
  • Hari Senin, Jumat, Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional: Tutup

Cara Berkunjung ke Istana Cipanas Dibuka Untuk Umum

Cara berkunjung ke Istana Cipanas dapat merujuk pada informasi dari laman resmi Istura Istana Cipanas. Bagi pengunjung dapat mendaftar terlebih dahulu melalui situs isturacipanas.istanapresiden.go.id paling lambat dua hari kerja sebelum tanggal kunjungan.

Adapun petunjuk pengajuan kunjungan Istura Istana Cipanas adalah sebagai berikut:

  1. Membuat surat permohonan kunjungan ditujukan kepada: Kepala Istana Kepresidenan Cipanas, Jl. Raya Cipanas No 105 Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, 43253.
  2. Permohonan diajukan melalui website isturacipanas.istanapresiden.go.id paling lambat 2 hari kerja sebelum waktu kunjungan.
  3. Mengisi data diri dengan lengkap mulai dari nama, alamat, nomor telepon, waktu kunjungan, dan daftar nama peserta.
  4. Surat permohonan kunjungan, daftar nama peserta, kartu identitas (KTP/SIM/Passport) dalam format JPEG atau PDF.
  5. Bagi calon pengunjung yang memenuhi syarat akan diberikan surat izin kunjungan, dengan catatan apabila pada hari yang direncanakan tidak ada kegiatan kepresidenan.

Setelah semua proses dari petunjuk pengajuan kunjungan selesai, pengunjung dapat melakukan kunjungan sesuai dengan waktu kunjungan yang telah ditentukan.

Demikian, kabar terkini tentang Istana Cipanas dibuka untuk umum hingga informasi cara berkunjung ke Istana Cipanas. Bagi pengunjung jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan. Semoga bermanfaat.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT