ADVERTISEMENT

Bupati Gayo Aceh Siapkan Lahan 200 Hektare untuk Pelegalan Ganja

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 16:17 WIB
ganja
Ilustrasi ganja (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Bupati Gayo Lues, Aceh, Muhammad Amru mendukung pelegalan ganja untuk kepentingan medis. Amru menyatakan bersedia menyiapkan lahan seluas 200 hektare untuk tempat penanaman ganja medis.

"Kita mendukung dengan catatan harus ada regulasi yang jelas dan ada kepastian hukum tentang legalitasnya dan kepentingannya hanya untuk bahan obat-obatan medis," kata Amru seperti dilansir detikSumut, Jumat (15/7/2022).

Dia mengaku telah menyuarakan dukungan pelegalan ganja medis sejak adanya usulan dari anggota DPR RI asal Aceh Rafli pada 2020. Saat itu, Rafli menuai kontroversi setelah berbicara mengenai usulan pelegalan ganja.

Selain itu, Amru mengaku pernah membicarakan persoalan legalitas ganja untuk kepentingan medis di sejumlah forum tertutup. Dia mengaku siap menyediakan lahan untuk riset bila pemerintah telah melegalkan ganja medis.

"Untuk saat ini, andai kata legalitas ganja untuk medis terwujud, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues siap menyediakan lahan 200 hektare untuk riset," ujar Amru.

Sebelumnya, Komisi III DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) membahas legalisasi penggunaan ganja untuk kepentingan medis hari ini. Rapat itu menindaklanjuti aspirasi dari Santi Warastuti atau Ibu Santi yang memperjuangkan pelegalan ganja untuk pengobatan anaknya yang mengidap kelumpuhan otak atau cerebral palsy.

Simak selengkapnya di sini.

Simak video 'IDI Akan Teliti Referensi Ilmiah untuk Riset Ganja Medis':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT