ADVERTISEMENT

Keluarga Dinilai Punya Peran Penting Cegah Kekerasan Seksual pada Anak

Dea Duta Aulia - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 16:02 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong agar upaya pencegahan tindak kekerasan seksual kepada anak harus bisa direalisasikan. Menurutnya, orang tua dan pemangku kepentingan memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman terhadap anak terkait hal tersebut.

"Penguatan berbagai langkah pencegahan tindak kekerasan seksual terhadap anak harus konsisten dilakukan, untuk menekan angka kasus kekerasan seksual di Tanah Air," ujarnya dalam keterangan, Jumat (15/7/2022).

Ia menerangkan berdasarkan data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) ada 797 anak menjadi korban kekerasan seksual sepanjang Januari 2022. Adapun tindakan tersebut terjadi di sejumlah tempat seperti sekolah, rumah, hingga transportasi umum dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

"Kekerasan seksual marak terjadi pada anak, sehingga diperlukan berbagai upaya pencegahan dari setiap lapisan masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan keluarga memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya aksi kekerasan tersebut. Tak hanya keluarga, pemerintah pun harus memainkan peran agar bisa turut mencegah terjadinya aksi tersebut.

"Para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah segera melakukan kolaborasi yang baik untuk mendorong penguatan pemahaman setiap keluarga sehingga mampu mencegah terjadinya tindak kekerasan seksual terhadap anak," jelasnya.

Menurutnya, salah satu cara efektif untuk mencegah aksi kekerasan tersebut yakni dengan memasifkan sosialisasi UU no 12 tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Melalui UU tersebut diharapkan kesadaran masyarakat untuk mencegah aksi tersebut bisa semakin meningkat. Tak hanya itu, ia turut meminta pemerintah agar menyelesaikan sejumlah aturan teknis yang dipersyaratkan oleh UU no 12 tahun 2022.

"Agar upaya penuntasan kasus-kasus kekerasan seksual di Tanah Air bisa dilakukan dengan seadil-adilnya, terutama bagi para korban," tutupnya.

Simak video 'LPSK Sebut Tren Kekerasan Seksual pada Wanita-Anak Meningkat':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT