Viral Obat Tidur Dijual Bebas di Marketplace, Ini Kata Jubir Lazada

ADVERTISEMENT

Viral Obat Tidur Dijual Bebas di Marketplace, Ini Kata Jubir Lazada

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 01:57 WIB
Infografis kemasan obat
Foto: Ilustrasi obat-obatan ilegal atau tidak. (Ilustrator: Mindra P/detikcom)
Jakarta -

Postingan soal penjualan obat tidur di salah satu platform marketplace di Indonesia viral di media sosial. Penjualan obat tidur lewat online ini jadi sorotan di medsos karena khawatir disalahgunakan.

Penjualan obat tidur di salah satu platform marketplace di Indonesia ini viral berawal dari postingan salah satu akun di Twitter pada 13 Juni kemarin. Akun tersebut memposting 4 hasil tangkapan layar (screenshot) pencarian keyword atau kata kunci 'obat tidur' di platform dimaksud.

Hasil pencarian keyword 'obat tidur' itulah yang kemudian disoroti netizen karena adanya penjual yang menggunakan kata-kata 'vulgar'.

Jika dilihat, pada salah satu hasil screenshot yang diposting, tertulis nama platform marketplace-nya Selain itu, dalam dua hasil screenshot lainnya terlihat logo platform marketplace-nya, yaitu Lazada.

Penjelasan Lazada

Terpisah, manajemen Lazada memberikan penjelasan terkait penjualan obat tidur yang viral di medsos. Lazada menyatakan bahwa melarang keras penjualan barang terlarang apapun di platformnya. Lazada mengaku telah melakukan pengawasan ketat untuk mencegah penjualan barang terlarang.

"Lazada telah menerapkan kebijakan dan proses pengawasan ketat untuk mencegah penjualan barang terlarang, dan tim kami secara rutin meninjau aktivitas penjual dan pelanggan di platform untuk memastikan semua pihak mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku di Lazada," kata juru bicara Lazada dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/7/2022).

Demi mencegah penjualan barang terlarang di platformnya, Lazada mengaku telah memblokir keyword atau kata kunci yang hasil pencariannya berpotensi memunculkan produk-produk terlarang.

"Kami juga telah memblokir kata kunci terkait untuk mencegah barang terlarang bisa ditemukan di platform kami. Kami akan terus melakukan pemantauan ketat dan menurunkan barang yang melanggar peraturan di Lazada," ucap juru bicara Lazada.

Lebih lanjut, Lazada menekankan komitmennya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja dan bertransaksi yang aman dan nyaman, baik bagi penjual maupun pelanggan di platform Lazada.

Pihak kepolisian, dalam hal ini Polda Metro Jaya, turut merespons soal viral penjualan obat tidur di Lazada yang jadi sorotan netizen. Polda Metro bakal menindaklanjutinya.

"Informasi akan kami tindak lanjuti," kata Dirnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa saat dimintai konfirmasi, Kamis (17/7).

Simak juga 'Viral Warga Dugem di Kebun Sawit Hingga Berujung Baku Hantam':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT