Sosok Seno Sukarto, Ketua RT 'Jenderal' di Lokasi Rumah Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Sosok Seno Sukarto, Ketua RT 'Jenderal' di Lokasi Rumah Ferdy Sambo

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 12:29 WIB
Foto rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Foto: Ketua RT Seno.
Ketua RT setempat, Mayjen Pol (Purn) Seno Sukarto (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Aksi baku tembak polisi yang menewaskan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terjadi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel). Ketua RT setempat, Mayjen Pol (Purnawirawan) Seno Sukarto, mengaku tersinggung karena tak ada yang melapor kepadanya. Ia mengaku dirinya sebagai jenderal.

"Sampai sekarang, saya ketemu saja nggak. Terus terang saya juga ya kesal, saya ini dianggap apa sih. Maaf saja, saya ini jenderal loh, meskipun RT. Jadi saya memang tersinggung juga dalam hal ini," ujar Seno kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Seno Sukarto merupakan pria kelahiran 1938. Kini usianya sudah 84 tahun. Setelah purnatugas di Polri, ia menjadi ketua RT.

"Udah tua saya, umur 84. Saya minta jadi berhenti jadi RT nggak ada yang mau," ujar Seno.

Sebelum purnatugas, Seno menjabat kapolda dua kali, yakni Kapolda Aceh dan Kapolda Medan, Sumatera Utara, pada 1990-an.

Adapun pangkat terakhirnya adalah mayjen atau jenderal bintang 2. Untuk diketahui, kala itu sistem kepangkatan Polri sama dengan TNI.

Seno menjelaskan jabatan terakhirnya semasa dinas adalah sebagai Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena Kapolri). Ia menjadi Asrena di masa kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Banurusman Astrosemitro dan Kapolri Jenderal Polisi Kunarto.

"Saya era Pak Kunarto sama Pak Banu, teman-teman saya itu satu angkatan, angkatan 9 Rajawali. Makanya kalau angkatan Rajawali yang terkenal itu di antaranya ini (saya)," ungkapnya.

Baca di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Sederet Misteri Kematian Brigadir J di Kasus Polisi Tembak Polisi

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT