ADVERTISEMENT

BPJPH Ajak Akademisi Kumpulkan Riset Jaminan Produk Halal

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 22:05 WIB
BPJPH
Foto: dok. BPJPH
Jakarta -

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) mengajak para akademisi dan peneliti untuk menghimpun data riset serta inovasi jaminan produk halal. BPJPH telah menyediakan laman inovasi.halal.go.id sebagai ruang publikasi riset dan inovasi tersebut.

"Harapannya website inovasi.halal.go.id menjadi showcase riset dan inovasi anak bangsa dalam mempercepat kepastian ketertelusuran (traceability) halal di Indonesia," ujar Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham dalam keterangan tertulis, Rabu (13/7/2022).

Dalam seminar Ekspose Riset Bidang Halal yang digelar di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Aqil mengapresiasi para akademisi dan peneliti yang selama ini sudah melakukan riset dan berinovasi mengkaji terkait jaminan produk halal. Namun disayangkan, hasil tersebut belum terakomodir dengan baik.

Selain itu, Aqil juga mengajak semua kontributor untuk menunjukkan dan mempublikasikan hasil riset dan inovasinya agar bisa dinikmati oleh khalayak umum. Doktor dalam bidang sosiologi ini juga menambahkan salah satu hal yang paling mencolok adalah permasalahan ketersediaan bahan baku yang halal. Hal itulah yang menjadi tantangan tersendiri dalam pemenuhan bahan baku dan pengembangan ekosistem halal di Indonesia.

"Riset yang dilakukan perguruan tinggi sangat diperlukan agar dapat berinovasi dan mengembangkan bahan halal," tutur Aqil.

Sebelumnya, BPJPH dan UNAIR telah melakukan sejumlah kolaborasi riset dan inovasi di bidang halal. Salah satunya melahirkan sertifikasi halal vaksin merah putih.

"Sertifikasi halal vaksin merah putih merupakan salah satu bentuk konkret hasil karya tim peneliti Universitas Airlangga. Ini menjawab kebutuhan akan ketersediaan produk halal bagi masyarakat, khususnya di bidang kesehatan," pungkas Aqil.

Pada seminar tersebut, turut hadir Staf Ahli Menteri Perindustrian Andi Rizal, Wakil Rektor Universitas Airlangga Bidang Riset, Inovasi, dan Community Development Ni Nyoman Tri Puspaningsih, serta Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJPH Mastuki.

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT