Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Lokasi, Fasilitas, Cara Berkunjung

ADVERTISEMENT

Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Lokasi, Fasilitas, Cara Berkunjung

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 17:50 WIB
Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Lokasi, Fasilitas, Cara Berkunjung
Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Lokasi, Fasilitas, Cara Berkunjung | Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Taman Ismail Marzuki adalah pusat kesenian dan kebudayaan yang terletak di Jakarta. Taman Ismail Marzuki merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi sebagai tempat wisata edukasi, seni, dan budaya.

Sebagai pusat kesenian dan kebudayaan, Taman Ismail Marzuki kerap kali menyelenggarakan berbagai macam acara kesenian dan kebudayaan. Di Taman Ismail Marzuki juga terdapat berbagai macam fasilitas yang menarik untuk dikunjungi.

Lantas, apa saja yang ada di Taman Ismail Marzuki? Bagaimana sejarah Taman Ismail Marzuki didirikan? Dan di mana lokasi Taman Ismail Marzuki berada? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sekilas Sejarah Taman Ismail Marzuki

Sebelum membahas lebih jauh terkait Taman Ismail Marzuki, perlu diketahui terlebih dahulu tentang sejarah Taman Ismail Marzuki didirikan.

Dilansir dari laman resmi Dinas Kebudayaan, Taman Ismail Marzuki dibangun pada tahun 1968 di area seluas kurang lebih delapan hektar. Taman Ismail Marzuki atau TIM secara resmi dibuka pada 10 November 1968 dan diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin.

Awalnya kawasan TIM merupakan ruang rekreasi umum Taman Raden Saleh, serta kebun binatang Jakarta (saat ini pindah ke Ragunan). Kemudian, Ali Sadikin mengubah kawasan tersebut menjadi pusat kesenian agar para seniman Jakarta dapat berkarya.

Nama Ismail Marzuki dipilih atas penghargaan sebagai seniman asal Betawi (Jakarta) yang telah berjasa menciptakan lebih dari 200 lagu, seperti Halo-Halo Bandung, Berkibarlah Benderaku, Nyiur Melambai dan Sepasang Mata Bola.

Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Lokasi, Fasilitas, Cara BerkunjungTaman Ismail Marzuki: Sejarah, Lokasi, Fasilitas, Cara Berkunjung | Foto: Rengga Sencaya

Lokasi dan Cara Berkunjung ke Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki terletak di wilayah Jakarta. Lebih tepatnya lokasi Taman Ismail Marzuki di mana adalah di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Untuk menuju ke Taman Ismail Marzuki dapat ditempuh dengan berbagai cara. Mulai dari dengan menggunakan kendaraan pribadi atau naik transportasi umum seperti KRL, MRK, atau TransJakarta.

Cara berkunjung ke Taman Ismail Marzuki dengan transportasi umum adalah sebagai berikut:

  • Cara menuju ke Taman Ismail Marzuki dengan KRL adalah dengan menaiki kereta dengan tujuan akhir turun di Stasiun Cikini.
  • Cara menuju ke Taman Ismail Marzuki dengan MRT adalah dengan tujuan akhir di Stasiun MRT Bundaran HI.
  • Cara menuju ke Taman Ismail Marzuki dengan TransJakarta adalah dapat dengan naik bus dengan koridor 5H (Kampung Melayu-Tanah Abang) atau 6H (Senen-Lebak Bulus).

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki

Jam operasional Taman Ismail Marzuki buka adalah mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB, setiap hari Senin-Jumat. Untuk harga tiket masuk Taman Ismail Marzuki sendiri adalah gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

Namun, untuk melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas yang ada di Taman Ismail Marzuki ada yang perlu melakukan reservasi terlebih dahulu dan ada juga yang dipungut biaya dengan tarif yang ditentukan tergantung oleh pihak penyelenggara acara.

Demikian, informasi seputar sejarah, lokasi, hingga fasilitas apa saja yang ada di Taman Ismail Marzuki. Semoga bermanfaat.

Simak juga 'Mengintip Wajah Baru Masjid Amir Hamzah Taman Ismail Marzuki':

[Gambas:Video 20detik]




(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT