ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Kabel Semrawut di Jl Pecenongan Diikat, Warga Merasa Lebih Nyaman

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 17:44 WIB
Kondisi kabel di Jl Pecenongan, Jakarta Pusat, yang semrawut kini sudah diikat, Rabu (13/7/2022)
Kabel semrawut di Jl Pecenongan kini terlihat sudah lebih rapi dan diikat (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Kabel semrawut di Jl Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus), sempat bergelantungan hingga menjulur ke tanah. Sebagian kabel-kabel semrawut itu kini terlihat sudah lebih rapi dan diikat.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (13/7/2022), pukul 16.25 WIB, kabel-kabel semrawut di Jl Pecenongan tepatnya di depan gedung Palang Merah Indonesia (PMI) tampak berada pada posisi lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Kabel utilitas di pertengahan jalan dari gedung PMI dan gerai mobil terlihat sudah diikat. Sebelumnya, kabel-kabel itu memang berada di atas namun masih semrawut karena belum diikat.

Selain itu, kabel-kabel utilitas di depan gedung sebelah Panin Bank juga terlihat sudah dirapikan. Kabel itu kini tak lagi bergelantungan menyentuh tanah, mobil, dan motor yang terparkir di bawahnya.

Kondisi kabel di Jl Pecenongan, Jakarta Pusat, yang semrawut kini sudah diikat, Rabu (13/7/2022)Kondisi kabel di Jl Pecenongan, Jakarta Pusat, yang semrawut kini sudah diikat, Rabu (13/7/2022). (Mulia Budi/detikcom)

Salah seorang pedagang yang selalu mangkal di depan gedung Panin Bank, Rendi (38), mengaku tidak tahu kapan kabel-kabel itu diikat. Dia mengatakan dia melihat kabel utilitas itu sudah dalam keadaan terikat rapi di atas sejak Minggu (10/7) lalu.

"Hari Jumat masih gelantungan pas hari Sabtu kan saya nggak jualan nggak lihat, nah hari Minggu pagi agak siangan emang udah rapi," kata Rendi.

Warga lainnya bernama Maulana (38) mengatakan dirinya sempat melihat petugas Bina Marga mengikat kabel utilitas di depan gedung PMI. Namun, dia mengaku tak melihat kapan penataan pengikatan kabel di samping gedung Panin Bank tersebut.

"Kalau di sini (di sebelah Panin Bank) saya nggak lihat, cuman yang di PMI itu Sabtu sore menjelang magrib lah Bina Marga itu yang ngikat-ngikatin kabel," ujar Maulana.

Senada dengan Maulana, Pendy (60) mengatakan pasukan kuning atau petugas Bina Marga telah datang dan mengikat kabel semrawut di depan gedung PMI. Menurutnya, posisi kabel semrawut itu kini jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya.

"Cuma ngikat-ngikat doang gitu, cuma ngikat-ngikat aja. (Sekarang) lebih tinggi, udah nggak takut jatuh lah, bagus, udah rapian," kata Pendy.

Pendy mengaku senang kabel-kabel utilitas itu tak lagi bergelantungan hingga ke tanah. Dia berharap jika kabel utilitas itu turun dan bergelantungan ke tanah kembali, petugas Bina Marga bisa bertindak cepat menata dan mengikatnya lagi.

"Nyaman sekarang mah, alhamdulillah, udah dibetulin nggak takut kena kaki kena leher gitu, kan biasanya berantakan gitu," ujarnya.

Diketahui, penanganan kabel diikat merupakan penanganan jangka pendek oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta sedang membuat proyek memasukkan kabel di udara ke sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT). Jl Pecenongan menjadi salah satu jalan yang masuk dalam proyek tersebut.

Simak Video 'Berbelit-belit Urus Kabel Udara Semrawut di Ibu Kota':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT