ADVERTISEMENT

Suarakan Risiko Krisis Iklim, Jayaboard Buat Instalasi Melting Iceberg

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 17:24 WIB
Jayaboard
Foto: Jayaboard
Jakarta -

Jayaboard ambil bagian dalam event ARCH:ID yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang pada 14-17 Juli 2022. Jayaboard berkolaborasi dengan firma arsitek Arkitekton Limatama membangun instalasi arsitektur bertajuk 'Melting Iceberg' sebagai aspirasi terhadap kondisi lingkungan yang kian mengkhawatirkan.

Melalui instalasi yang dihadirkan dalam pameran arsitektur garapan Ikatan Arsitek Indonesia tersebut Jayaboard ingin membangkitkan kepedulian masyarakat akan kelestarian lingkungan, dan mendorong perubahan pola hidup yang mengedepankan aspek berkelanjutan demi memperbaiki kondisi bumi.

Ahmad Hamdani, Presiden Direktur Jayaboard menegaskan partisipasi dalam event tersebut menunjukkan komitmen Jayaboard untuk mencapai peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya lewat tren konstruksi penggunaan material ramah lingkungan yang aman dan nyaman.

"Beberapa material Jayaboard yang digunakan dalam instalasi Melting Iceberg ini sejalan dengan tema besar yang mengangkat tentang kepedulian lingkungan, karena produk Jayaboard diproduksi dan diolah dengan mengutamakan faktor sustainability dan eco-friendly, bahkan nantinya bisa didaur ulang sehingga less-waste, selain itu juga untuk menunjukkan bahwa produk-produk Jayaboard mampu membantu para arsitek merealisasikan imajinasi desainnya," jelas Ahmad dalam keterangan tertulis, Rabu (13/7/2022).

Principal Arkitekton Limatama Chiquita Pitono menambahkan instalasi Melting Iceberg mewakili betapa nyatanya krisis iklim yang terjadi saat ini dan sangat mempengaruhi kehidupan, selain suhu dan debit air yang semakin meningkat, cuaca alam kian ekstrem dan membahayakan. Intensitas dan arah angin yang tak menentu disebutnya meningkatkan potensi terjadinya bencana alam seperti banjir, erosi bahkan merusak warna natural dari karang dalam lautan.

"Menempatkan instalasi ini di Jakarta merupakan sebuah langkah kontradiktif yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan krisis iklim. Instalasi ini menyajikan pemandangan yang dramatis dari proses mencairnya gunung es, semua dibentuk dalam komposisi dan evolusi pola yang variatif," papar Chiquita.

"Melting Iceberg merepresentasikan harapan dan semangat perubahan melalui aksi sederhana. Instalasi ini menggunakan kombinasi material yang ramah lingkungan dan sustainable seperti beragam jenis papan gypsum Jayaboard yang digunakan sebagai stalaktit. Strukturnya juga dibuat dengan sistem knockdown sehingga mudah dipindahkan dan menjaga jiwa dari instalasi itu sendiri," imbuh Chiquita.

Dalam event tersebut, Jayaboard menampilkan sejumlah produk unggulannya, antara lain papan semen eksterior Durock, papan gipsum homogenous tanpa lapisan kertas Fiberock, dan Jaya Akustik Panel dengan motif perforasi digarap dengan kreatif membentuk sebuah pola stalaktit ciri khas dari pegunungan es.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT