ADVERTISEMENT

Anggota DPRD Gelar Resepsi Anak di Setu Babakan, Pagi sampai Jam 12 Malam

Tiara Aliya Azzahra, Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 14:02 WIB
Belasan destinasi wisata di Ibu Kota terpaksa ditutup sementara imbas virus corona yang merebak. Perkampungan budaya Betawi Setu Babakan juga ditutup.
Setu Babakan, Jagakarsa (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Purwanto menggelar resepsi pernikahan anak di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Acara tersebut rencananya digelar dari pagi hingga pukul 12 malam.

Acara resepsi pernikahan itu diketahui melalui surat imbauan dari Lurah Srengseng Sawah. Disebutkan acara resepsi akan diadakan pada Sabtu, 16 Juli 2022, pukul 08.00 hingga 24.00 WIB. Lokasi resepsi adalah Setu Babakan (Zona A) Kelurahan Srengseng Sawah.

Salah satu isi imbauan di surat yang beredar adalah agar warga tidak melintasi kawasan Setu Babakan saat resepsi berlangsung. Hal itu untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

"Mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk sementara waktu tidak melintas atau menghindari ruas jalan tersebut pada waktu dan tanggal tersebut di atas untuk menghindari penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan," tulis surat imbauan tersebut seperti dilihat detikcom, Rabu (13/7/2022).

Camat Jagakarsa Santoso membenarkan adanya imbauan tersebut. Dia menyebut imbauan itu untuk antisipasi kemacetan.

"Beliau sudah sampaikan bahwa yang akan diundang jumlahnya banyak, ribuan. Mengingat kondisi tersebut, saya imbau warga kami, RT/RW, lurah yang melintasi jalan tersebut apabila terganggu menggunakan jalur lain. Esensi surat yang saya keluarkan seperti itu," katanya saat dihubungi.

Dia menegaskan tidak ada penutupan jalan. Santoso hanya mengantisipasi agar tak ada kemacetan di lokasi karena kendaraan menumpuk.

"Yang jelas, saya mengingatkan, karena yang diundang kebanyakan juga warga saya, saya mengimbau nih, kalau memang tidak datang ke undangan tersebut, gunakan jalan lain. Dari awal kita udah sampaikan biar tak terjadi kemacetan," katanya.

"Tapi apabila terjadi kemacetan atau crowded, di situ yang jelas saya sebagai orang pemerintah akan ikut intervensi di dalam penyelesaian kalau ada kemacetan," katanya.

Penjelasan Anggota DPRD DKI

Anggota DPRD DKI Purwanto, yang akan melangsungkan hajatan, memberikan penjelasan. Dia menyebut memang ada antisipasi kemacetan dari pihak kelurahan.

"Tidak ada penutupan Jalan M Kahfi II, narasi yang menyatakan penutupan itu salah," kata politikus Gerindra tersebut saat dihubungi terpisah.

"Yang ada adalah surat, banner 'Permohonan maaf bahwa perjalanan anda terganggu pada hari Sabtu jam 08.00 WIB, sampai 24.00 WIB saat acara selesai'. Untuk antisipasi warga yang melintas agar bisa memilih jalan alternatif," katanya.

Dia mengatakan masyarakat sudah mengetahui ada gangguan lalu lintas.

"Kalaupun terpaksa melintas, mereka sudah memahami konsekuensinya, perjalanan terganggu arus kendaraan lain," katanya.

Selain itu, Purwanto mengatakan akan ada aksi simpatik dengan membagikan bunga kepada pengendara yang lewat.

"Kami menyiapkan aksi simpatik bekerja sama dengan Dishub, (polisi) lantas, FKDM untuk melakukan pendekatan humanis di lapangan bagi warga melintas dengan memberikan bunga mawar bagi pengendara yang tetap melintas di M Kahfi II," ujarnya.

(aik/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT