ADVERTISEMENT

Warga Cerita Usaha Kopi ke Jokowi: Semoga Bisa Nyaingin Mas Gibran

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 11:25 WIB
Jakarta -

Asnawati, pengusaha UMKM dari Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, bercerita tentang usaha kopi ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Asnawati berharap usahanya itu dapat menyaingi usaha putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Dialog Jokowi dan Asnawati itu terjadi dalam acara pemberian nomor induk berusaha pelaku UMK Perseorangan 2022 di Gedung Olahraga Nanggala Kopassus, Jakarta Timur, seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (13/7/2022). Asnawati awalnya memperkenalkan diri dan bercerita mengenai produk usahanya yang mengangkat citra daerah Sumatera Barat.

"Mengangkat citra daerah Sumatera Barat, yaitu cemilan khas Minang," ujar Asnawati.

Jokowi kemudian bertanya contoh cemilan yang dijual Asnawati. Dia menyebut Sanjai Balado.

"Sanjai Balado apa itu? Barangnya kayak apa?" tanya Jokowi.

"Keripik yang berasal dari singkong, Pak," jawab Asnawati.

Jokowi juga bertanya terkait omzet penjualan usaha tersebut. Asnawati menyebut omzet yang didapatnya mencapai Rp 5 juta per bulan.

"Omzet Rp 5 juta per bulan, Pak, karena ini masih baru. Saya juga berterima kasih banyak kepada Bunda Ratu, yang sudah membimbing dan mendidik kami sehingga produk kami sudah mempunyai HAKI dan halal. Dan juga sudah punya UMK itu dari Bunda Ratu," ujar Asnawati.

Jokowi lantas mengingatkan agar camilan-camilan khas Indonesia tidak dicomot negara lain. Dia ingin produk-produk camilan itu didaftarkan.

"Ya bagus, bagus. Jangan sampai cemilan-cemilan khas daerah kita masing-masing itu hilang atau dicomot oleh negara lain. Segera itu dipatenkan, di HAKI kan sehingga menjadi nanti milik kita. Hati-hati tempe kita, tapi ada yang pemiliknya bukan di sini tapi di Jepang. Hati-hati hal-hal seperti itu," ujar Jokowi.

Barulah kemudian Asnawati bercerita mengenai usaha kopi. Dia berharap usaha kopinya dapat menyaingi Gibran Rakabuming.

"Dan atas bimbingan beliau juga kami diberi juga diberi kesempatan mengangkat citra daerah juga, yakni kopi, Pak. Usaha saya juga kopi, siapa tahu nanti bisa menyaingi Mas Gibran," ujar Asnawati yang disambut tawa Jokowi.

Warga Peluk Jokowi

Ada juga warga yang memeluk Jokowi saat mendapat giliran untuk berdialog. Warga tersebut bernama Made, yang merupakan pengusaha di bidang produksi herbal kapsul.

"Pak boleh peluk, nggak, Pak," ujar Made.

Dia lantas mendekat ke arah Jokowi dan memeluknya. Anggota Paspampres juga tampak mendekat siaga.

"Ini tadi yang di sebelah kanan saya, sama kiri saya mau foto, ada yang meluk," kata Jokowi.

"Ini kesempatan sekali dalam seumur hidup saya mungkin, Pak," ujar Made.

(knv/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT