ADVERTISEMENT

Fadli Zon ke Ukraina, Cek Bangunan Hancur hingga Pemakaman Massal Bucha

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 09:30 WIB
Fadli Zon ke Ukraina
Fadli Zon ke Ukraina, mengecek bangunan hancur dampak invasi Rusia hingga pemakaman massal Bucha. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon berkunjung ke Ukraina. Dalam kunjungannya, Fadli Zon mengecek bangunan hancur dampak invasi Rusia hingga pemakaman massal di Bucha.

Fadli Zon ke Ukraina bersama Inter-Parliamentary Union (IPU) Task Force untuk resolusi konflik Rusia-Ukraina. Fadli Zon berkunjung ke Kyiv dan menggelar dialog dengan Ketua Parlemen Ukraina (Verkhovna Rada), Ruslan Stefanchuk. Fadli Zon mendorong adanya solusi damai dengan Rusia.

Dalam keterangan tertulis Fadli Zon yang diterima pada Rabu (13/7/2022), pertemuan itu berlangsung Senin (11/7) di Conference Hall, gedung parlemen Ukraina. Selain dengan pimpinan parlemen Ukraina, delegasi berdiskusi dengan delegasi IPU Parlemen Ukraina.

Fadli Zon ke UkrainaFadli Zon ke Ukraina bersama IPU Task Force bertemu dengan parlemen setempat (Foto: dok. Istimewa)

Dalam kunjungan ke Kyiv, IPU Task Force membawa misi untuk membuka keran dialog demi mengakhiri konflik. IPU Task Force juga menyampaikan komitmen untuk menjadi jembatan dialog antara Rusia dan Ukraina dalam mencari solusi damai melalui diplomasi parlemen.

"Secara konkret, IPU Task Force meminta Verkhovna Rada, Ketua Parlemen Ukraina, bersedia membuka dialog dengan pihak parlemen Rusia. Meskipun tak mudah, jalan dialog dan diplomasi harus tetap terbuka sebagai pintu jalan keluar," kata Fadli Zon.

Sebagai anggota IPU Task Force mewakili kawasan Asia Pasifik, Fadli Zon menyampaikan keprihatinan atas dampak perang, terutama di wilayah Ukraina Timur. Sejalan dengan mandat IPU Task Force, politikus Partai Gerindra tersebut juga mengundang Ketua Parlemen Ukraina untuk hadir di forum The 8th G20 Parliamentary Speaker's Summit, yang akan diadakan pada 6-7 Oktober 2022 di Jakarta.

Forum ini merupakan platform yang baik untuk memperkuat kontribusi konkret parlemen dalam mengakhiri konflik Rusia-Ukraina.

Selain agenda diskusi dengan parlemen Ukraina, Fadli Zon dan delegasi IPU Task Force mengunjungi Dmytrivka Village, lokasi yang terdapat banyak tank yang ditinggal tentara Rusia.

Mereka juga menyempatkan diri melihat langsung wilayah Bucha dan Irpin, kota kecil di utara Kyiv yang terdampak perang cukup parah berupa kerusakan bangunan tempat tinggal, pusat bisnis, dan sejumlah fasilitas publik. Kedatangan delegasi IPU Task Force itu disambut langsung oleh Wali Kota Bucha dan Wali Kota Irpin.

Fadli Zon ke UkrainaFadli Zon mengecek kuburan massal di Bucha, Ukraina (Foto: dok. Istimewa)

IPU Task Force bersama wali kota setempat kemudian melihat-lihat kondisi bangunan yang hancur karena perang.

Kunjungan ke Kyiv dilakukan melalui jalur darat dari Polandia, yaitu dengan kendaraan roda empat dari Warsawa ke Stasiun Chelm, kota kecil di tenggara Polandia yang berbatasan langsung dengan Ukraina.

Dari Chlem perjalanan dilanjutkan menggunakan kereta api selama 15 jam menuju Kyiv.

Selain dengan Ketua Parlemen, IPU Task Force juga menggelar dialog dengan UN Resident Coordinator (Unicef, UNDP, WHO), Ukrainian Parliamentary Delegation to IPU, serta Prosecutor General of Ukraine.

Terkait IPU Task Force, simak selengkapnya di halaman berikut

Simak juga Video: Ukraina Luncurkan Serangan di Donetsk, Satu Orang Warga Tewas

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT