Perkara Pengeroyokan Tak Lanjut Usai Iko Uwais dan Pelapor Berdamai

ADVERTISEMENT

Perkara Pengeroyokan Tak Lanjut Usai Iko Uwais dan Pelapor Berdamai

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 05:45 WIB

Iko Uwais Diperiksa Polisi

Pada Jumat (17/6) malam Iko Uwais memenuhi panggilan polisi sebagai pelapor. Dua jam diperiksa, Iko Uwais akhirnya keluar dengan status masih sebagai saksi.

Kasat Reskrim Polrees Metro Bekasi Kota Kompol Ivan mengatakan jika ditemukan tindak pidana akan dilakukan gelar perkara. Ivan belum menyebutkan kapan akan kembali melakukan pemanggilan.

"Kita akan lakukan analisa terhadap beberapa keterangan dari saksi-saksi apabila memang ditemukan peristiwa tindak pidananya maka kita akan lakukan gelar perkara," kata Ivan di Polres Metro Bekasi, Jumat (17/6) malam.

Dalam kesempatan yang sama, Iko Uwais mengatakan dirinya ingin berjabat tangan dengan pelapor dan berdamai. Dia ingin tak ada lagi perselisihan.

"Yang saya harapkan kita berjabat tangan dan nggak ada perselisihan lagi," ucap Iko.

Polisi Naikkan Status Perkara ke Penyidikan

Polisi kemudian meningkatkan status perkara dugaan pengeroyokan Iko Uwais ke tahap penyidikan. Dalam tahap ini polisi akan menetapkan siapa tersangka di kasus dugaan pengeroyokan terhadap Rudi, seorang desain interior tersebut.

"Jadi penyidik telah meningkatkan status kasusnya ke penyidikan. Hasil gelar perkara kasus ini disimpulkan memenuhi unsur pidana Pasal 170 KUHP," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada detikcom, Kamis (23/6/2022).

Zulpan mengatakan, peningkatan status perkara dugaan pengeroyokan Iko Uwais ke tahap penyidikan ini dilalui melalui mekanisme gelar perkara. Nantinya, polisi akan menetapkan siapa tersangka dalam kasus tersebut.

"Ya kalau sudah penyidikan ada tersangkanya," katanya.

Di tahap penyidikan ini, polisi sempat memanggil Iko Uwais kembali. Iko Uwais sempat meminta waktu pemeriksaan ditunda untuk membicarakan perdamaian dengan pelapor.


Baca halaman selanjutnya: kasus berakhir damai

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT