ADVERTISEMENT

HNW Bagikan 10.000 Paket Kurban ke Warga Jakarta hingga Malaysia

Erika Dyah - detikNews
Selasa, 12 Jul 2022 09:39 WIB
HNW
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) membagikan ribuan paket kurban dalam rangka Idul Adha 1443 H. Ia berkurban dengan membagikan 11 sapi dan 131 kambing yang dipotong dan dibungkus dalam 10 ribuan paket kurban.

HNW mengatakan pembagian paket kurban tersebut tak hanya sekadar ibadah sosial saja. Namun juga menjadi bentuk dukungan atas program tebar 1,5 juta paket kurban yang diinisiasi oleh Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Al-Jufri.

"Alhamdulillah PKS konsisten hadir di tengah rakyat. Tahun lalu kami turut sukseskan program tebar 1 juta paket kurban, tahun ini meningkat menjadi tebar 1,5 juta paket. Saya dukung dengan turut bagikan paket kurban tidak hanya di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, tapi juga sampai ke Malaysia," kata HNW dalam keterangannya, Selasa (12/7/2022).

Dalam momen kurban kali ini, HNW turut melakukan sebuah inovasi dengan membagikan paket menggunakan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari pati singkong. Ia menuturkan plastik tersebut mudah terurai dimakan mikroba dan aman bagi makhluk hidup apabila tidak sengaja termakan.

Berdasarkan data KLHK, terangnya, terdapat setidaknya 70 ton sampah plastik di Indonesia pada tahun 2022 dan hanya sekitar sepertiga yang berhasil diolah kembali. Sampah plastik tersebut menyebabkan berbagai bentuk pencemaran dan merusak lingkungan, khususnya pada biota laut.

"Oleh karena itu kami bungkus paket kurban tahun ini dengan plastik ramah lingkungan. Plastik tersebut berbahan kuat dan bisa digunakan berulang kali oleh para penerima, sehingga turut mengurangi penggunaan kantong sekali pakai," ungkap Anggota DPR-RI Daerah Pemilihan Jakarta II, meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri ini.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan upayanya dalam hal mengurangi sampah lain, yakni sampah makanan. Pria yang akrab disapa HNW ini mengaku telah menginisiasi RUU Bank Makanan Untuk Kesejahteraan Sosial yang telah masuk dalam Prolegnas Long List DPR-RI 2019-2024.

"Kami ingin momentum kurban juga dapat menghadirkan kepedulian atas lingkungan, dengan tidak mempergunakan plastik yang tidak bisa didaur ulang, tapi mulailah secara konsisten menggunakan plastik ramah lingkungan seperti yang berbahan dari sari singkong ini. Saya juga terus mengingatkan masyarakat agar olahan kurban nantinya tidak menjadi mubazir/sisa. Semoga upaya ini bisa turut mengurangi laju dampak pencemaran lingkungan yang semakin mengkhawatirkan," tegasnya.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini berharap momen Idul Adha dengan pembagian daging kurban ini bisa meningkatkan kedekatan umat Islam dengan Allah SWT dan sesama umat manusia. Serta menjadi bagian solusi dari beragam permasalahan sosial yang ada.

"Kami ucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Kurban kepada seluruh umat Islam di Indonesia, dan selamat berkurban dan menikmati daging kurban serta hikmah dari ibadah kurban dan semoga momen ini bisa menjadi momen kebersamaan yang menguatkan solidaritas sosial, mengatasi berbagai dampak negatif akibat COVID-19, krisis ekonomi, kenaikan harga-harga dan lain-lainnya agar umat bisa berkontribusi untuk hadirkan Indonesia yang lebih baik ke depannya," pungkasnya.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT