Ironi Lili Pintauli Mundur dari KPK Berujung Urusan Etik Tak Diadili

ADVERTISEMENT

Ironi Lili Pintauli Mundur dari KPK Berujung Urusan Etik Tak Diadili

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Jul 2022 06:33 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat menerima rombongan finalis Puteri Indonesia di gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).
Lili Pintauli Siregar (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ironi menjadi kata yang menggambarkan perkara laporan dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli Siregar soal penerimaan fasilitas nonton MotoGP Mandalika. Lili batal diadili Dewan Pengawas (Dewas) KPK lantaran mengundurkan diri dari pimpinan KPK.

Dirangkum detikcom, Selasa (12/7/2022), kabar Lili tidak bisa diadili etik itu disampaikan oleh Ketua Dewas KPK Tumpak H Panggabean. Tumpak juga bertugas sebagai ketua majelis sidang etik.

"Menetapkan menyatakan gugur sidang etik dugaan pelanggaran kode etik atas nama terperiksa Lili Pintauli Siregar dan menghentikan penyelenggaraan etik," ucap Tumpak dalam konferensi pers di kantor Dewas KPK, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022).

Pertimbangan Dewas KPK Tak Adili Lili Pintauli

Tumpak mengatakan surat pengunduran Lili sudah dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena itu, Dewas menilai Lili bukan lagi orang yang bisa disidang oleh Dewas.

"Menimbang oleh karena terperiksa Lili Pintauli telah mengundurkan diri dari Wakil Ketua KPK RI, dan telah terbit keputusan Presiden RI Nomor 71/P/2022 yang telah memberhentikan terperiksa sebagai wakil ketua merangkap anggota KPK RI, maka terperiksa tidak lagi berstatus insan komisi yang merupakan subjek hukum dari peraturan Dewas KPK RI," beber Tumpak.

"Sehingga dugaan pelanggaran kode etik, dan kode perilaku KPK tidak dapat dipertanggungjawabkan lagi kepada terperiksa, dengan demikian cukup alasan bagi majelis etik untuk menyatakan persidangan etik gugur dan tidak melanjutkan persidangan etik," imbuhnya.

Surat Mundur Diajukan Lili Pintauli Sejak 30 Juni 2022

Presiden Jokowi sudah menerima surat pengunduran Lili Pintauli Siregar. Ternyata, Lili sudah mengajukan permohonan undur diri sejak 30 Juni 2022 lalu.

"Kapan Ibu Lili mengajukan pengunduran diri, suratnya saya lihat 30 Juni 2022, tertanggal surat 30 Juni 2022, ditujukan kepada Presiden," ujar Tumpak.

Tumpak mengungkapkan Lili sudah bukan bagian dari KPK sejak hari ini, 11 Juli 2022. Lili sudah resmi bukan pimpinan KPK sejak Presiden Jokowi mengeluarkan Keppres pemberhentiannya.

"Jadi kenapa dihentikan (sidang etik Lili)? Jawabnya, dia bukan insan KPK lagi sejak hari ini 11 Juli," tegasnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Simak Video: Dewas KPK: Pengganti Lili Pintauli Ada di Tangan Presiden Jokowi

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT