Gaya Anies Serahkan Sapi Kurban 024 di Tahun 2019 dan 2022

ADVERTISEMENT

Gaya Anies Serahkan Sapi Kurban 024 di Tahun 2019 dan 2022

Arief Ikhsanudin, Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 11 Jul 2022 14:14 WIB
Sapi kurban Anies nomor 024 tahun 2019 (kiri) dan 2022 (kanan).
Sapi kurban Anies nomor 024 tahun 2019 (kiri) dan 2022 (kanan). (Foto: detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan sapi kurban nomor 024 di Jakarta International Stadium (JIS). Sapi kurban bernomor 024 ternyata juga pernah diserahkan Anies pada 2019 di Balai Kota.

Dalam catatan detikcom, Anies, pada Idul Adha 2019, menyerahkan sapi limosin seberat 1,2 ton di Balai Kota Jakarta. Anies menyerahkan sapi itu setelah salat Idul Adha.

Istri Anies, Fery Farhati, dan anak bungsunya, Ismail Hakim, turut menyaksikan penyerahan sapi kurban nomor 024 di Balai Kota. Anies memaknai kurban sebagai upaya berbagi kepada kaum yang kurang serta keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan.

"Kemauan kita memberikan kepada yang kurang, kemauan untuk membidik dan membangun keluarga yang memiliki keimanan dan ketakwaan seperti keluarga Ibrahim," ucap Anies di lokasi, Jumat (11/8/2019).

Sapi 024 Diserahkan Anies Lagi di JIS Tahun 2022

Tahun ini Anies menyerahkan hewan kurban sapi jenis limosin seberat 1,2 ton kepada panitia kurban di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Anies lagi-lagi menyerahkan sapi dengan nomor 024.

Penyerahan sapi nomor 024 itu dilakukan secara simbolis oleh Anies setelah salat Idul Adha 1443 H di JIS, Minggu (10/7/2022). Sapi limosin yang diserahkan Anies berwarna dominan cokelat di bagian badan dan putih di kepala. Anies mengatakan daging hewan kurban itu didistribusikan ke sejumlah wilayah di Jakarta.

"Izinkan dalam pagi hari ini kami menyerahkan hewan kurban seekor sapi seberat 1,2 ton yang telah diperiksa Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Pertanian, yang dinyatakan sehat," kata Anies saat prosesi penyerahan.

Anies menyerahkan sapi nomor 024 di JIS.Anies menyerahkan sapi nomor 024 di JIS. (Tiara/detikcom)

Anies sempat dimintai konfirmasi soal nomor 024 yang tertulis di badan sapi dimaksud. Namun Anies tak menjelaskan perihal nomor sapinya itu.

Wagub DKI Minta Tak Dikaitkan Politik

Wagub DKI Ahmad Riza Patria meminta soal penomoran sapi 024 tak dihubungkan dengan politik. Riza menilai ibadah kurban mesti dijalankan dengan ketulusan.

"Nggak ada hubungannya. Jangan dihubungkan dengan politik," kata Riza di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Riza ditanya awak media soal ada tidaknya nomor '024' itu dengan pilpres mendatang.

"Kurban dengan segala ketulusan, keikhlasan dijauhkan dari keserakahan," ucapnya.

M Taufik Anggap Kebetulan

Anggota DPRD DKI M Taufik menilai sapi kurban Anies nomor 024 hanya kebetulan. Dia menyebut tidak ada pesanan nomor kurban.

"Kan saya ada di situ, itu mah kebeneran aja 024. Bisa kebetulan, kan beli-beli aja. Nggak ada (pesanan nomor) tadi kita nanya juga, ketawa-ketawa sama Pak Anies," kata M Taufik saat dihubungi.

Taufik menyampaikan salat Id berjemaah di JIS tidak ada kaitannya dengan politik. Dia menuturkan nomor 024 pada sapi kurban Anies Baswedan tidak berkaitan dengan politik.

"Ibadah ibadah aja, ngapain, nggak ada ibadah politik. Nggak ada urusannya (sama nomor kurban). Kalau orang ngaitin kan jadi aneh-aneh, jangan-jangan ke pasar dikaitin juga. Kenapa jadi ribet gitu loh," lanjutnya.

Simak video 'Jawaban Wagub soal Anies Serahkan Sapi Kurban No 024':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/van)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT