Anies dan Kebetulan 024 yang Terulang

ADVERTISEMENT

Anies dan Kebetulan 024 yang Terulang

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Senin, 11 Jul 2022 13:57 WIB
Sapi limosin milik Gubernur DKI Anies Baswedan bernomor 024 yang diserahkan kepada panitia kurban di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Minggu (10/7/2022).
Foto: Sapi limosin milik Gubernur DKI Anies Baswedan bernomor 024. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan sapi kurban nomor 024 di Jakarta International Stadium (JIS). Nomor 024 di punggung sapi ini kemudian jadi perbincangan politik hangat, apalagi ini bukan kali pertama Anies menyerahkan sapi kurban dengan nomor 024.

Sapi dengan nomor 024 pernah juga diserahkan Anies pada tahun 2019 silam. Pada Idul Adha 2019 lalu Anies menyerahkan sapi limosin seberat 1,2 ton sebagai kurban di Balai Kota Jakarta.

Bagi loyalis Anies Baswedan, angka 024 di badan sapi kurban itu hanya suatu kebetulan. "Kan saya ada di situ, itu mah kebeneran aja 024. Bisa kebetulan, kan beli-beli aja. Nggak ada (pesanan nomor) tadi kita nanya juga, ketawa-ketawa sama Pak Anies," kata loyalis Anies Baswedan, M Taufik, saat dihubungi, Senin (11/7/2022).

"Ibadah, ibadah aja, ngapain, nggak ada ibadah politik. Nggak ada urusannya (sama nomor kurban)," sambung Taufik menjawab pembicaraan soal sapi nomor 024 yang tahun ini diserahkan Anies di JIS.

Hal senada disampaikan Wagub DKI Ahmad Riza Patria. Ia meminta agar penomoran sapi itu tidak dikait-kaitkan dengan isu politik, apalagi sampai ditarik-tarik ke capres 2024.

"Nggak ada hubungannya. Jangan dihubungkan dengan politik," kata Riza di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Riza ditanya awak media soal ada tidaknya hubungan nomor '024' itu dengan pilpres mendatang.

Pakar politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai semua pihak tentu memahami urusan agama tidak bisa dikaitkan ranah politik. Bisa jadi sapi bernomor 024 itu hanya suatu kebetulan, meskipun sampai terulang dua kali.

"Kalau misalnya Anies motong sapi bareng ketum parpol itu baru urusannya politik," kata Hendri saat dihubungi terpisah.

Namun Hendri tak memungkiri kalau kemudian kebetulan yang terulang itu jadi perbincangan publik. "Gelombang perubahan itu kadang suka dikasih tanda-tanda oleh alam. Dan tuntunan alam itu biasanya bisa mempermudah gelombang perubahan yang terjadi," kata Hendri sembari tertawa.

Simak video 'Jawaban Wagub soal Anies Serahkan Sapi Kurban No 024':

[Gambas:Video 20detik]



(van/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT