ADVERTISEMENT

Sapi Kurban Jokowi dan Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal Disembelih Hari Ini

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 11 Jul 2022 10:57 WIB
Sapi Kurban Jokowi dan Maruf Amin di Masjid Istiqlal Disembelih Hari Ini.
Foto: Anggi Muliawati/detikcom
Jakarta -

Sejumlah hewan kurban di Masjid Istiqlal disembelih hari ini, termasuk sapi kurban milik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sapi kurban yang disumbangkan Gereja Katedral turut disembelih hari ini.

Pantauan di lokasi, Senin (11/7/2022), penyembelihan dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nassaruddin Umar. Sapi milik Jokowi disembelih lebih dulu, disusul penyembelihan sapi milik Ma'ruf Amin.

"Alhamdulillah baru saja kita melakukan penyembelihan hewan kurban Bapak Presiden segera kita susul Wapres dan yang lainnya," kata Nasaruddin Umar kepada wartawan, di Rumah Potong Hewan (RPH) Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Nasaruddin Umar mengatakan pihaknya menerima 35 sapi dan 17 kambing. Dia menuturkan proses pemotongan hewan kurban di Istiqlal melibatkan tim khusus yang telah bersertifikat.

"Alhamdulillah tahun ini kita menyembelih 35 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Kami tidak hanya dilayani oleh satu atau dua orang, tapi tim yang turun supaya nanti ini terbukti di dalam masyarakat kita bahwa Istiqlal itu memang bukan saja standar pemotongannya memenuhi standar internasional ya kan, seperti yang Bapak Ibu teman-teman saksikan ini punya dapat kita, dapat sertifikat tempat penyembelihan seperti ini tidak gampang ya, itu bersertifikat juga," katanya.

Penyembelihan hewan kurban dilanjut milik sejumlah pejabat dan sumbangan dari Gereja Katedral Jakarta. Nasaruddin menilai pemberian hewan kurban Gereja Katedral sebagai bentuk solidaritas.

"Di sini ada teman-teman kita mungkin non-muslim ya, tapi itu juga berpartisipasi itu dan dengan niat, kemarin Katedral juga ada bentuk partisipasi solidaritas," katanya.

Nasaruddin mengatakan Istiqlal tidak mengadakan kupon daging hewan kurban. Dia menyebut proses pembagian hewan kurban disalurkan langsung ke masjid dan lembaga yang telah tercatat di Istiqlal.

"Atas nama jemaah Masjid Istiqlal dan juga seluruh pengurus, kita bagikan tetapi sekali lagi saya ingatkan bahwa kita di Istiqlal tidak melayani kupon-kupon dari masyarakat, kali ini kita berikan langsung ke masjid-masjid dan lembaga-lembaga," katanya.

(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT