ADVERTISEMENT

Sapi Kurban Jokowi Disebar ke 34 Provinsi, Ini Infonya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Minggu, 10 Jul 2022 12:51 WIB
Sapi Kurban Jokowi Disebar ke 34 Provinsi, Ini Infonya
Foto: Jokowi cek sapi kurban di Istiqlal (Eva Savitri/detikcom) | Sapi Kurban Jokowi Disebar ke 34 Provinsi, Ini Infonya
Jakarta -

Sapi kurban Jokowi kerap kali menjadi topik pembahasan yang banyak dicari oleh masyarakat ketika memasuki Hari Raya Idul Adha 2022. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi tidak pernah absen untuk menyalurkan bantuan sapi kurban ketika Hari Raya Idul Adha.

Lantas, bagaimana sapi kurban Jokowi pada Idul Adha 2022 ini? Berapa berat sapi kurban Jokowi 2022? Simak informasi seputar hewan kurban Jokowi 2022 selengkapnya berikut ini.

Sapi Kurban Jokowi: Disebar ke 34 Provinsi di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan hewan kurban berupa sapi ke 34 provinsi di Indonesia. Berat sapi kurban Jokowi itu beragam, mulai dari 800 kilogram sampai dengan 1 ton beratnya.

"Sebagaimana secara rutin dilaksanakan setiap tahun, menjelang hari raya Idul Adha 1443 H kali ini Presiden akan memberikan bantuan sapi ke seluruh provinsi yang beratnya rata-rata 800 kg sampai 1 ton yang dikoordinasikan oleh Sekretariat Presiden," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Selasa (5/7/2022).

Heru Budi Hartono menerangkan bahwa masjid yang akan menerima bantuan sapi kurban Jokowi tersebut ditetapkan oleh gubernur setempat. Selain itu, Heru memastikan semua sapi kurban Jokowi yang dibagikan itu dalam kondisi sehat.

"Dalam pelaksanaannya, Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dalam hal ini Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk memastikan bahwa semua sapi dalam keadaan sehat, khususnya dari PMK (Penyakit Mulut dan Kuku)," terang Heru.

Sapi Kurban Jokowi Disebar ke 34 Provinsi, Ini InfonyaSapi Kurban Jokowi Disebar ke 34 Provinsi, Ini Penampakan Sapi Jokowi di Masjid Istiqlal Foto: Anggi Muliawati/detikcom

Berat Sapi Kurban Jokowi Beragam

Diketahui, sapi kurban Jokowi itu berasal dari peternakan daerah setempat. Peternakan tersebut juga telah ditetapkan kepala daerah masing-masing.

"Kita minta dari peternakan setempat yang ditunjuk oleh gubernur tentunya kita membantu ya, misalnya di Aceh kita tanya pak gubernur yang cocok kita beli sapi yang telah ditetapkan di mana? Oh di sini ya kita beli. Setelah itu turun Dinas Peternakan setempat dan didampingi oleh, dikonsultasikan oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Agama juga," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat (8/7/2022).

Heru mengungkapkan bahwa di setiap provinsi akan mendapatkan satu sapi kurban. Berat sapi kurban Jokowi tersebut adalah rata-rata dari 800 kilogram sampai 1,4 ton.

"Ada tadi daerah tertentu 1,4. NTB 1,4 ton," jelas Heru.

Heru juga menjelaskan bahwa pembagian bantuan sapi kurban Jokowi itu sudah disiapkan jauh-jauh hari sebagaimana yang juga dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Adapun penentuan lokasi kurban itu diserahkan ke masing-masing gubernur.

Adapun berat sapi kurban Jokowi 2022 di beberapa wilayah, menurut data yang detikcom dapatkan kurang lebih adalah sebagai berikut:

  • Berat Sapi kurban Jokowi di Banten: 1,1 ton.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Daerah Istimewa Yogyakarta: 1,07 ton.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Sulawesi Selatan: 1.006 kg.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Sulawesi Tenggara: 1 ton.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Sulawesi Tengah: 952 kg.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Pekanbaru, Riau: 814 kg.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Sumatera Barat: 900 kg.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Bengkulu: 850 kg.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Bali: 570 kg.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Solo: 953 kg dan 1,01 ton.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Jawa Timur: 1,2 ton.
  • Berat Sapi kurban Jokowi di Masjid Istiqlal: 1,15 ton.

32 Sapi Kurban Jokowi dan 16 Kambing di Masjid Istiqlal

Sebanyak 32 ekor sapi dan 16 kambing dari Presiden Jokowi telah dibagikan di Masjid Istiqlal. Jumlah 32 ekor sapi itu termasuk sapi kurban Jokowi dengan berat mencapai 1,2 ton.

"Pertama kurban dari Presiden itu tadi satu ekor yang sangat besar 1,2 ton. Kemudian itu sudah dites beberapa kali, sehingga betul-betul sehat. Di sini ada 32 ekor sapi dan 16 kambing," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar, Minggu (10/7/2022).

Nazarudin juga menyebutkan bahwa sebagian hewan kurban, termasuk sapi Jokowi akan dipotong besok di Masjid Istiqlal. Adapun daging kurbannya akan dibagikan ke masjid-masjid.

"Iya Presiden di sini, besok," imbuhnya.

Demikian, informasi seputar sapi kurban Jokowi 2022. Selamat Hari Raya Idul Adha 2022.

Simak Video: Momen Jokowi Serahkan Sapi Seberat 1,15 Ton Ke Masjid Istiqlal

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT