ADVERTISEMENT

Sri Lanka di Mana? Serba-serbi Sri Lanka yang Kini Bergejolak

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Minggu, 10 Jul 2022 18:41 WIB
Sri Lanka di Mana? Serba-serbi Sri Lanka yang Kini Bergejolak
Foto: AP/Eranga Jayawardena | Sri Lanka di Mana? Serba-serbi Sri Lanka yang Kini Bergejolak
Jakarta -

Sri Lanka di mana menjadi pertanyaan yang menarik perhatian masyarakat. Hal ini terjadi karena diketahui, negara Sri Lanka tengah dilanda krisis hingga mengalami kebangkrutan.

Simak rentetan informasi berikut ini yang membahas serba-serbi negara Sri Lanka yang tengah dilanda kebangkrutan.

Sri Lanka di Mana: Ini Letak Negara Sri Lanka

Sri Lanka atau negara dengan nama resmi Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka adalah sebuah negara kepulauan yang letaknya berada di pesisir tenggara India. Sebelumnya, Sri Lanka juga dikenal sebagai Ceylon, sebutan yang diberikan pada masa kolonialisme Inggris.

Sri Lanka di mana adalah lebih tepatnya berada di Asia Selatan, Benua Asia. Posisi Sri Lanka terletak di Samudra Hindia, barat daya Teluk Benggala, dan tenggara Laut Arab. Letak Sri Lanka dengan anak benua India dipisahkan oleh Teluk Mannar dan Selat Palk.

Sri Lanka di Mana: Profil Singkat Negara Sri Lanka

Melansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, berikut profil singkat dari negara Sri Lanka:

  • Nama negara: Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka/The Democratic Socialist Republic of Sri Lanka
  • Ibukota negara: Kolombo dan Sri Jayawardenapura Kotte
  • Nama lokal : Shri Lanka Prajatantrika Samajavadi Janarajaya/Ilankai Jananayaka Choshalichak Kutiyarachu
  • Presiden: Gotabaya Rajapaksa
  • Perdana menteri: Ranil Wickremesinghe
  • Sistem pemerintahan: Semi-presidensial
  • Mata uang: Rupee Sri Lanka (LKR)
  • Luas wilayah: 65.610 km2
  • Lokasi: Benua Asia (Asia Selatan)
Sri Lanka di Mana? Serba-serbi Sri Lanka yang Kini BergejolakSri Lanka di Mana? Serba-serbi Sri Lanka yang Kini Bergejolak | Foto: AP/Eranga Jayawardena

Sri Lanka di Mana: Bahasa di Negara Sri Lanka

Bahasa resmi dan nasional yang digunakan di negara Sri Lanka adalah Bahasa Sinhala dan Tamil. Sedangkan Bahasa Inggris merupakan bahasa persatuan berdasarkan Konstitusi Sri Lanka.

Di negara Sri Lanka, Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan seperti dalam pemerintahan, pendidikan, ilmiah, dan komersial. Untuk diketahui, Sri Lanka merupakan salah satu negara Asia yang menjadi bagian dari negara persemakmuran Inggris.

Sri Lanka di Mana: Penduduk dan Agama Sri Lanka

Jumlah penduduk di negara Sri Lanka adalah sekitar 22 juta penduduk. Menurut data tahun 2019, jumlah penduduk Sri Lanka yakni sebanyak 23.044.123 jiwa. Agama mayoritas Sri Lanka adalah agama Buddha, selain itu ada juga Hindu, Islam, Kristen, dan lainnya.

Sekitar 75 persen penduduk Sri Lanka adalah Suku Sinhala yang mayoritas beragama Buddha. Sekitar 18 persen adalah etnis Tamil dan mayoritas beragama Hindu. Sisanya, sekitar 7 persen adalah muslim, yakni etnis Moor yang keturunan Arab dan muslim keturunan Melayu, etnis Burgher yaitu keturunan Eropa (1 persen) dan Wanniyala Aetto atau Vedda, keturunan penduduk asli Sri Lanka yang saat ini jumlahnya semakin langka.

Sri Lanka di Mana: Kondisi Terkini Sri Lanka Bangkrut

Kondisi terkini, negara Sri Lanka tengah mengalami kebangkrutan. Perdana Menteri (PM) Sri Lanka Ranil Wickremesinghe menyatakan bahwa negaranya telah bangkrut. Dia mengungkapkan bahwa penderitaan akut dari krisis ekonomi masih akan dirasakan setidaknya hingga akhir tahun 2023 mendatang.

Seperti dilansir AFP, Selasa (5/7/2022), Sri Lanka kini tengah dilanda inflasi selama berbulan-bulan dan pemadaman listrik berkepanjangan. Hal itu terjadi setelah pemerintah kehabisan mata uang asing untuk mengimpor barang-barang vital.

Wickremesinghe mengatakan bahwa Sri Lanka yang dulunya negara makmur akan mengalami resesi yang dalam tahun ini dan kekurangan pangan, bahan bakar serta obat-obatan secara akut akan terus berlanjut.

"Kita juga harus menghadapi kesulitan-kesulitan pada tahun 2023," ujar Wickremesinghe kepada parlemen Sri Lanka pada Selasa (5/7) waktu setempat.

Jadi, pertanyaan Sri Lanka di mana sudah diketahui, yakni Sri Lanka terletak di Asia Selatan. Dan kini Sri Lanka tengah mengalami kebangkrutan.

Simak Video: Demonstran Serbu Istana, Kuasai Kolam Renang Kepresidenan Sri Lanka

[Gambas:Video 20detik]




(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT