ADVERTISEMENT

Kapolda Metro: Kalau Street Race Diizinkan, Ancol Bisa Untung

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 10 Jul 2022 18:30 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran
Foto: Irjen Fadil Imran. (Andhika Lingga/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran tak diizinkan menggelar street race di Sirkuit Formula E Ancol, Jakarta Utara. Padahal, Fadil menyakini street race bisa membawa keuntungan dari sisi ekonomi untuk Ancol.

"Jadi, kalau saya mau meminjam, apa itu namanya, kurang terkenal karena nggak dipakai street race, apa namanya? Sirkuit Ancol itu. Kalau saya bukan soal balap-balapannya. Saya sebenarnya ingin mengembangkan ekosistem di situ Pak Menteri," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Minggu (10/7/2022).

Hal itu diungkapkan oleh Irjen Fadil kepada Menparekraf Sandiaga Uno. Sandi ke Polda Metro untuk menyerahkan hewan kurban.

Fadil menegaskan street race bukan sekadar balapan. Dia yakin street race tak hanya bisa membawa keuntungan dari sisi ekonomi saja.

"Ingat, jadi bukan balapannya, tapi ekosistem yang memiliki dampak yang luas dari segi ekonomi dan sosial budaya. Jadi sebenarnya bagi Ancol, kalau dia izinkan street race itu di Ancol, dia sebenarnya bisa untung," sebutnya.

Namun, Fadil menyebut orang yang berpikiran 'sempit' tak akan melihat street race bisa membawa keuntungan. Mantan Kapolda Jawa Timur itu pun mengaku masih berupaya agar street race tetap bisa digelar meski bukan di Sirkuit Formula E Ancol.

"Tapi itu kalau dilihat secara ekosistem. Tapi kalau yang berpikiran sempit, melihatnya hanya balapan, itu tidak akan sampai ke sana barangkali," kata Fadil.

"Namun kita tidak menghilangkan akal kita, kita mengembangkan Meikarta," imbuhnya.

Street Race Terkendala Regulasi FIA

Ketua Pelaksana Formula E Ancol Ahmad Sahroni menjelaskan alasan street race tak bisa digelar karena terkendala regulasi. Menurut Sahroni, berdasarkan penilaian Federation Internationale de I'Automobile (FIA) sirkuit di Ancol itu hanya bisa dipakai untuk kendaraan roda empat.

"Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," kata Ketua Pelaksana Formula E Sahroni di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Sahroni sebetulnya mengapresiasi rencana Irjen Fadil Imran menggelar street race di Sirkuit Formula E Ancol. Namun, dia menekankan ada regulasi dari otoritas pusat Formula E yang tak mengizinkan sirkuit tersebut dipakai untuk kendaraan roda dua.

"Sebenarnya kita appreciate juga terhadap kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi ini ada regulasi dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut," jelasnya.

Simak Video: Tahun Depan Formula-E Digelar Dua Kali di Jakarta, Siap Nggak?

[Gambas:Video 20detik]



(ain/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT