ADVERTISEMENT

Timeline Irjen Fadil Mau Street Race di Sirkuit Formula E hingga Kandas

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 13:43 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran umumkan hasil swab test dirinya usai kontak dengan Anies Baswedan
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (screenshot video)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan keinginannya untuk menggelar street race di Sirkuit Formula E. Sayangnya, rencana itu pupus setelah tidak diizinkan Panitia Formula E. Berikut ini perjalanan isunya.

Sabtu, 18 Juni

Keinginan Fadil itu disampaikan kala membuka Meikarta Street Race di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/6/2022).

"Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race," ucap Fadil.

Selain street race, Fadil berencana menggelar road race di Sirkuit Formula E. Dia berharap Pemprov DKI Jakarta bisa mengakomodasi mimpinya itu.

"Mudah-mudahan JakPro mendengarkan ini dan juga disetujui oleh pemerintah daerah provinsi. Ke depan Mas Rifat bersama IMI, tentunya bukan hanya drag race, tapi juga ada road race. Karena saya lihat lumayan itu kalau lintasan yang ada di Formula E kemarin bisa dipakai," katanya.

Jumat 24 Juni

Rencana Fadil itu lalu ditolak oleh Panitia Formula E. Pasalnya, Sirkuit Formuka E tidak diperkenankan untuk selain ajang balapan roda empat.

"Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," kata Ketua Pelaksana Formula E Sahroni di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2022).

Sahroni mengatakan pelarangan penggunaan Sirkuit Formula E untuk street race sudah sesuai dengan ketentuan FIA atau Federasi Automobil Internasional.

"Sebenarnya kita appreciate juga terhadap kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi ini ada regulasi dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut," jelasnya.

Sabtu, 25 Juni

Angan-angan Fadil tentang street race digelar di Sirkuit Formula E kini kandas. Dirinya menghormati peraturan yang mengatur tentang penggunaan sirkuit tersebut.

"Polda Metro Jaya tunduk kepada regulasi FIA," tutur Fadil, Sabtu (25/6).

Fadil Lirik 2 Lokasi Lain

Meski rencananya ditolak Panitia Formula E, Fadil tak putus asa. Dirinya kini sedang melirik dua lokasi alternatif untuk dapat menggelar ajang balapan tersebut.

"Kami manfaatkan lokasi yang ada saja, BSD dan Meikarta. Yang terpenting adalah ekosistem ini berguna untuk generasi muda yang hobi kecepatan, agar energi besarnya tersalurkan. UMKM dan seniman bisa ambil bagian," ujarnya.

Simak Video: Anies Pamer Formula E: Hanya 10 Negara yang Bisa Jadi Tuan Rumah

[Gambas:Video 20detik]




(rak/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT